Akhirnya Usulan Pembangunan Jalan Tembus Jatim di Desa Sidorejo Disetujui Bupati Jekek

Tim Survey dari DPU melakukan survey langsung di lapangan. Foto : Artadi
Tim Survey dari DPU melakukan survey langsung di lapangan. Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Tim dari Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri melakukan survey di jalan utama Desa Sidorejo, Selasa (10/9/2019). Survey tersebut dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Bupati Joko Sutopo alias Jekek yang akan merealisasikan permohonan masyarakat Desa Sidorejo pada anggaran perubahan APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2019.

Dengan didampingi oleh PJ Kepala Desa dan Perangkat Desa Sidorejo beserta UPTD DPU Kecamatan Tirtomoyo Sulistiyanto, tim memulai survey dari tugu perbatasan Provinsi Jawa Tengah di Dusun Pakelan dan berakhir di pertigaan Tugu Jenderal Sudirman Nglulur.

UPTD DPU Kecamatan Tirtomoyo Sulistiyanto turut mendampingi Tim Survey dari DPU Kabupaten Wonogiri. Foto : Artadi
UPTD DPU Kecamatan Tirtomoyo Sulistiyanto turut mendampingi Tim Survey dari DPU Kabupaten Wonogiri. Foto : Artadi

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menepati janji yang disampaikan saat sarasehan di Balai Desa Sidorejo (12/4/2019). Pada waktu itu beliau berjanji akan merealisasikan pembangunan jalan tembus Jawa Timur tersebut pada anggaran perubahan di akhir tahun 2019. Total dana yang disetujui Bupati sebesar 5 Miliar Rupiah berupa aspal hotmix.

Setelah dilakukan survey langsung ke lapangan, total ruas jalan tembus Jawa Timur tersebut sepanjang 7,63 km. Kondisi jalan saat ini dengan kerusakan yang cukup parah berada di Dusun Jarum. Namun diperkirakan mengingat waktu pengerjaan maksimal akhir tahun harus sudah selesai dan nilai dana 5 Miliar Rupiah tersebut belum cukup untuk menjangkau seluruh panjang ruas jalan tersebut. Maka diperlukan dana lanjutan pada tahun 2020 untuk menuntaskannya.

Tim melakukan survey dari tugu perbatasan Provinsi Jawa Tengah. Foto : Artadi
Tim melakukan survey dari tugu perbatasan Provinsi Jawa Tengah. Foto : Artadi

Petugas Bina Marga DPU Kabupaten Wonogiri Suyono mengatakan kepada jurnalis sidorejo-wonogiri.desa.id bahwa spesifikasi jalan yang akan dibangun memiliki lebar 4 meter ditambah masing-masing 0,5 meter untuk bahu jalan kanan-kiri sehingga totalnya 5 meter.

Dengan spesifikasi tersebut, maka diperlukan pelebaran jalan di sebagian besar jalur yang dilalui. Nantinya masyarakat harus merelakan lahan yang berada di samping jalan untuk dilakukan pemapasan. Pada beberapa tikungan jalan juga akan dilakukan pemapasan sesuai standar DPU. Selain dilakukan pemapasan pada beberapa titik juga dibutuhkan talud jalan, jembatan, dan gorong-gorong.

Beberapa titik memerlukan jembatan, gorong-gorong, dan talud jalan. Foto : Artadi
Beberapa titik memerlukan jembatan, gorong-gorong, dan talud jalan. Foto : Artadi

Suyono menyampaikan bahwa pertengahan September 2019 ini proses pelelangan mulai dilakukan selama sekitar 1 bulan. Sehingga diperkirakan pertengahan Oktober 2019 sudah mulai proses pengadaan material dan pengerjaan.

Permohonan pembangunan jalan ini sudah diusulkan sejak awal Tahun 2017 oleh Kepala Desa Sidorejo saat itu Joko Nalongso bersama Kepala Desa Girirejo, Hargorejo, dan Genengharjo. Jalan tersebut diusulkan karena menjadi jalan akses utama menuju perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Beliau memperjuangkan permohonan tersebut sampai akhir masa jabatannya sebagai Kepala Desa Sidorejo.

Saat dihubungi melalui pesan singkat, Joko Nalongso mengatakan telah menghadap Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada hari Senin (9/9/2019) di ruang kerja bupati. Bupati Wonogiri berpesan nanti setelah dibangunnya jalan tersebut pemerintah desa agar senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten untuk menjalankan program-programnya terutama Panca Program Bupati Wonogiri.

Facebook Comments
About artadiputra 172 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan