Ayo Manfaatkan Kartu Tani !

Ilustrasi Kartu Tani

Para petani perlu mengenal manfaat Kartu Tani. Kartu ini merupakan kartu identitas bagi para petani yang gunanya untuk menyalurkan jatah pupuk bersubsidi dan berbagai bantuan lain dari pemerintah. Subsidi atau bantuan melalui kartu tani ini diharapkan dapat meminimalisir salah sasaran dalam tahap penyalurannya. Mereka yang berhak adalah yang benar-benar petani dan tergabung dalam Kelompok Tani.

Manfaat Kartu Tani kini dikembangkan lebih luas, sehingga sekaligus bisa berfungsi sebagai Kartu Debit (ATM) yang diterbitkan oleh Bank BRI, Mandiri, dan BNI. BRI untuk Banten, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Mandiri di Jawa Barat, dan BNI untuk Jawa Timur. Dengan Kartu Tani yang berfungsi sebagai Kartu Debit ini petani bisa menabung uang mereka sendiri. Bantuan dari pemerintah juga akan masuk lewat rekening tersebut.

Rincian manfaat Kartu Tani adalah sebagai berikut :

  • Petani mendapatkan jatah pupuk bersubsidi
  • Petani mendapatkan kepastian ketersediaan Saprotan (Sarana Produksi Pertanian)
  • Kemudahan menjual hasil panen (Bulog, PTPN, dll tanpa perantara)
  • Sebagai alat transaksi (transfer, pembelian, pembayaran, dll)
  • Kartu Identitas Petani
  • Kemudahan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Berhak mendapatkan asuransi jika gagal panen menerima maksimal Rp.6 juta

Bantuan subsidi pupuk dari pemerintah akan ditransfer ke rekening tersebut sesuai dengan lahan garapannya. Sehingga kuota subsidi pupuk berbeda-beda untuk masing-masing petani. Dana subsidi tersebut hanya bisa dicairkan untuk membeli pupuk bersubsidi di kios-kios resmi lewat mesin EDC, sehingga tidak bisa diuangkan. Khusus masyarakat Desa Sidorejo bisa membelinya ke Kios Resmi Toko Gunung Sari milik Pak Sugino di Desa Sukoharjo Tirtomoyo atau berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Tani.

Kartu ini dimiliki oleh masyarakat yang mengajukan pendaftaran melalui Kelompok Tani dengan melampirkan Foto Copy e-KTP dan Tanda Kepemilikan Tanah bukti setoran pajak tanah, bukti sewa, anggota LMDH (tanah hutan).

Bagi masyarakat Desa Sidorejo yang merasa sudah mendaftar agar segera menghubungi masing-masing Ketua Kelompok Tani dan segera mengambil ke BRI agar segera bisa memanfaatkan Kartu Tani tersebut.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Facebook Comments
About artadiputra 128 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Metode Baru Menjual Hasil Pertanian – Desa Sidorejo
  2. Kunjungan Kerja Camat Tirtomoyo di Desa Sidorejo – Desa Sidorejo

Tinggalkan Balasan