Belajar Menjaga Kesehatan Tulang Di Kelas Bumil Pustu Desa Sidorejo

B
Para peserta Kelas Bumil sedang menerima materi dari Bidan Desa Panti Arif di Pustu Desa Sidorejo, Kamis (7/2/2019). Foto : Panti

sidorejo-wonogiri.desa.id Banyak hal yang bisa dipelajari di Kelas Bumil, seperti halnya yang dilakukan oleh para ibu hamil di Kelas Bumil Pustu Desa Sidorejo, mereka belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang, Kamis (7/2/2019). Sebanyak 29 ibu hamil belajar dengan dipandu oleh Bidan Desa Panti Arif. Panti mengatakan “Biasanya pertemuan dilaksanakan setiap Selasa Pon. Namun agar tidak bersamaan dengan imunisasi, sekarang dipindah Kamis Pon.”

Panti Arif menjelaskan bahwa untuk menjaga kesehatan tulang, peran kalsium sangatlah besar. Kalsium merupakan mineral penting bagi kesehatan tulang. Kalsium juga berfungsi dalam pembentukan gigi serta tulang janin. Dengan konsumsi kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari osteoporosis. Hal ini terjadi karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari kalsium pada ibunya.

Dikutip dari Situs Klikdokter.com Kalsium bisa diperoleh dari makanan, minuman, atau suplemen kalsium. Jumlah kalsium yang dikonsumsi hendaknya tidak melebihi batas maksimal. Berdasarkan BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia), kebutuhan kalsium per hari saat hamil adalah 1200 mg. Sumber bahan makanan untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil di antaranya ikan laut, telur, bayam, keju, susu, yoghurt, brokoli, kacang-kacangan, tahu, tempe, sayur-sayuran, dsb.

Selain kalsium, kesehatan tulang dapat tetap terjaga apabila ibu hamil mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D dapat dijumpai pada sayuran yang berwarna hijau, serta paparan dengan sinar matahari antara pukul 10.00–14.00 WIB dengan menghindari periode puncak paparan UV dari sinar matahari.

Di samping memperhatikan asupan nutrisi, ibu hamil juga tidak boleh melupakan olahraga. Olahraga sangat vital dalam menjaga kesehatan tulang. Jenis olahraga yang disarankan adalah jalan-jalan di pagi hari, senam ibu hamil, yoga untuk ibu hamil, dan berenang.

B
Para Ibu Hamil melakukan foto bersama setelah mengakhiri pelajaran di Kelas Bumil Pustu Desa Sidorejo. Foto : Panti

Pada saat ini masih terdapat beberapa ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) yang belum mengikuti Kelas Bumil. Padahal dengan mengikuti kelas ibu hamil atau sering disebut dengan Kelas Bumil memiliki banyak manfa’at.

Beberapa manfa’at yang bisa didapatkan di Kelas Bumil diantaranya meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan. Di kelas hamil, ibu hamil juga harus menyadari perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, dan perawatan bayi baru lahir.

Facebook Comments
About artadiputra 145 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan