Berobat ke Puskesmas Gratis

Puskesmas Pembantu Desa Sidorejo. Photo : Yayok

sidorejo-wonogiri.desa.id Program berobat gratis adalah program dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam Panca Program, salah satunya di bidang kesehatan yaitu Sehat Wargane.

Pemberitahuan tentang program Pelayanan Kesehatan Gratis ini telah diterima oleh Puskesmas Tirtomoyo 1 melalui surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Nomor 440.7/2105 tertanggal 24 September 2018.

Dalam bidang kesehatan melalui program pembangunan sarana dan prasarana kesehatan Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 12.731.022.000,-.

Dana tersebut terbagi dalam beberapa kegiatan yaitu peningkatan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soediran Mangun Sumarso, pembangunan puskesmas pembantu, jaminan persalinan, peningkatan pelayanan kesehatan tingkat dasar dan kefarmasian.

Rencananya Bupati Wonogiri Joko Sutopo akan menerapkan kebijakan untuk membebaskan tarif retribusi Puskesmas se-Kabupaten Wonogiri mulai 1 Oktober 2018.

Program ini berlaku bagi penduduk Kabupaten Wonogiri yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Dengan begitu diharapkan dapat membantu warga yang selama ini tidak terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau yang biasa disebut dengan BPJS Kesehatan.

“Mulai 1 Oktober 2018 jika periksa ke Puskesmas/PUSTU/PKD harap membawa KTP. Bagi anak-anak yang belum punya KTP harus membawa KK/KTA. Jika tidak membawa KK/KTP/KTA tidak bisa dilayani melalui program ini. Dan bagi yang mempunyai Kartu BPJS/KIS/JAMKESDA wajib dibawa.” Kata Bidan Desa Panti Arif yang penulis terima melalui pesan singkat.

Petugas Puskesmas Tirtomoyo 1 Mrih Budiyanto mengatakan “Bagi yang tidak memiliki BPJS atau Jamkesmas maka KTP harap dibawa untuk mencocokkan NIK-nya. Kalau anak yang belum KTP maka membawa KK supaya bisa mengetahui NIK-nya.”

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa syarat untuk mendapatkan pelayanan dalam program ini sangat mudah, yaitu harus penduduk lokal Kabupaten Wonogiri dengan menunjukkan kartu identitas kepada petugas Puskesmas. Penduduk luar daerah akan dilayani dengan membayar tarif retribusi sesuai Perda Kabupaten Wonogiri. http://sidorejo-wonogiri.desa.id/2018/02/07/informasi-penting-tarif-berobat-di-wonogiri/

Facebook Comments
About artadiputra 134 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

1 Trackback / Pingback

  1. Program Berobat Gratis ke Puskesmas Ditunda – Desa Sidorejo

Tinggalkan Balasan