Bukti Janji Bupati Jekek Telah Membuat Masyarakat Sidorejo Bahagia

Warga masyarakat berkumpul untuk mengikuti sosialisasi Proyek Pembangunan Jalan Sidorejo - Penggung, Selasa (12/11/2019). Foto : Artadi
Warga masyarakat berkumpul untuk mengikuti sosialisasi Proyek Pembangunan Jalan Sidorejo - Penggung, Selasa (12/11/2019). Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Suasana bahagia begitu terasa dari senyum ratusan warga masyarakat Desa Sidorejo yang datang memenuhi undangan dari Pemerintah Desa. Mereka berkumpul di rumah Bapak Sholihin Dusun Jarum untuk menghadiri undangan sosialisasi dari Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri dan Pelaksana Proyek, Selasa sore (12/11/2019). Mereka adalah masyarakat yang tanahnya terdampak pelebaran jalan dalam Proyek Peningkatan Jalan Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo ke arah Desa Penggung Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.

Pejabat yang hadir dalam acara tersebut antara lain Kabid Bina Marga DPU Kabupaten Wonogiri Didik Sudarmaji, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Dani Mursito, Pelaksana Proyek PT. Citrayasa Inti Kontruksi Panji, dan PAC PDIP Tirtomoyo Joko Sugiono. Mereka didampingi oleh PJ Kepala Desa Sidorejo Rahmad Ari Windono. Turut hadir pula Calon Kepala Desa Sidorejo terpilih Joko Nalongso, Perangkat Desa Sidorejo, Perangkat Desa Hargorejo, anggota BPD, anggota KPMD, dan anggota LPM.

PJ Kepala Desa Sidorejo Rahmad Ari Windono sedang memberikan sambutan pada acara sosialisasi pembangunan jalan Sidorejo - Penggung. Foto : Artadi
PJ Kepala Desa Sidorejo Rahmad Ari Windono sedang memberikan sambutan pada acara sosialisasi pembangunan jalan Sidorejo – Penggung. Foto : Artadi

Rahmad Ari Windono dalam sambutannya mengatakan “Alhamdulillah pembangunan jalan yang sudah lama dinantikan oleh warga masyarakat akhirnya terwujud. Jalan yang sudah lama rusak hingga bagaikan sungai kering akhirnya mendapatkan perhatian dari Bapak Bupati Wonogiri Joko Sutopo.”

Beliau menambahkan meskipun pembangunan ini nanti belum tembus Jawa Timur seperti yang diusulkan, namun karena perhatian dari Bapak Bupati akhirnya beliau menyetujui anggaran perubahan APBD Kabupaten Wonogiri untuk pembangunan jalan di Desa Sidorejo.

Anggota DPRD Dani Mursito sedang menyampaikan sambutannya pada acara sosialisasi pembangunan jalan Sidorejo - Penggung. Foto : Artadi
Anggota DPRD Dani Mursito sedang menyampaikan sambutannya pada acara sosialisasi pembangunan jalan Sidorejo – Penggung. Foto : Artadi

Dani Mursito selaku anggota DPRD selama ini aktif mengawal agar pembangunan jalan tersebut mendapat persetujuan dari Bupati Wonogiri. “Pembangunan ruas jalan ini sementara baru sampai Pucungan. Meskipun belum bisa tuntas, Bapak Bupati telah menyetujui anggaran sebesar 5 Miliar Rupiah. Dana tersebut untuk membangun jalan sepanjang 3,3 kilometer, 850 meter kubik talud di 8 titik, dan 5 saluran drainase.” Kata Dani dalam sambutannya.

Kabid Bina Marga Didik sedang menyampaikan sosialisasi di hadapan ratusan warga masyarakat. Foto : Artadi
Kabid Bina Marga Didik sedang menyampaikan sosialisasi di hadapan ratusan warga masyarakat. Foto : Artadi

Kabid Bina Marga Didik Sudarmaji menjelaskan bahwa jangka waktu yang diberikan oleh Bupati Wonogiri untuk menyelesaikan proyek ini adalah selama 40 hari kerja. Maka dari itu beliau memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar proyek ini bisa berjalan dengan lancar. Penetapan anggaran dari APBD Perubahan baru dilaksanakan Bulan Oktober 2019 sehingga Bulan November 2019 baru mulai pengerjaan.

Didik Sudarmaji menambahkan bahwa panjang jalan yang diusulkan yaitu 7,63 kilometer, namun karena keterbatasan waktu maka baru bisa menganggarkan untuk 3,3 kilometer meliputi sebagian besar wilayah Desa Sidorejo dan sebagian wilayah Desa Hargorejo.

Jenis pembangunan berupa aspal hotmix dengan pertimbangan keterbatasan waktu sehingga tidak memungkinkan untuk jenis pembangunan berupa beton. Selain itu menurut beliau karena dulu pernah diaspal, maka memungkinkan penggunaan alat berat untuk pengaspalan jalan.

Menurut Didik Sudarmaji dana untuk pengerjaan beton lebih mahal daripada aspal hotmix. Beliau memperkirakan dana 5 Miliar Rupiah tersebut jika digunakan untuk beton hanya bisa sepanjang 2,5 kilometer.

Bina Marga bersama Kontraktor sedang meninjau salah satu titik pelebaran jalan. Tikungan jalan tersebut akan diperlebar. Foto : Artadi
Bina Marga bersama Kontraktor sedang meninjau salah satu titik pelebaran jalan. Tikungan jalan tersebut akan diperlebar. Foto : Artadi

Spesifikasi jalan yang dibangun berupa aspal hotmix dengan lebar 3,5 meter dengan bahu jalan masing-masing kanan dan kiri 0,5 meter berupa makadam. Sehingga total lebar jalan dengan bahu jalan yaitu 4,5 meter. Maka dari itu diperlukan pelebaran jalan di banyak titik. Tidak ada ganti untung atas pelebaran jalan tersebut sehingga diperlukan kerelaan dari warga masyarakat demi terbangunnya jalan tersebut. Didik Sudarmaji mengatakan bahwa menurut aturan, ganti untung hanya diberikan untuk pembangunan jalan baru.

Pohon Gayam yang sudah berusia ratusan tahun ini terkena dampak pelebaran jalan. Foto : Artadi
Pohon Gayam yang sudah berusia ratusan tahun ini terkena dampak pelebaran jalan. Foto : Artadi

DPU dan kontraktor memberi kesempatan kepada warga masyarakat untuk bergabung dalam proyek ini dengan syarat mentaati kaidah teknis yang diberikan. Silahkan warga masyarakat yang ingin bergabung menjadi tenaga kerja dalam proyek ini agar menghubungi pihak kontraktor, kata Didik Sudarmaji di akhir kegiatan sosialisasi.

Baca juga :

Akhirnya Usulan Pembangunan Jalan Tembus Jatim di Desa Sidorejo Disetujui Bupati Jekek

Facebook Comments
About artadiputra 173 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan