Hari Santri Nasional Dirayakan dengan Upacara di Sidorejo

Petugas upacara sedang bertugas pada upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Tarbiyatus Sholihin Sentono. Doc : Ponpes
Petugas upacara sedang bertugas pada upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Tarbiyatus Sholihin Sentono. Doc : Ponpes

sidorejo-wonogiri.desa.id Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin Sentono Sidorejo Kyai M Nur Sholeh memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional di lingkungan Ponpes tersebut, Sidorejo, Kamis, 22 Oktober 2020. Upacara diikuti oleh para santri, siswa SMK Karya Media Tirtomoyo, Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa, Setia Hati Terate, Setia Hati Winongo, dan Karang Taruna.

Para peserta upacara tersebut tidak hanya santri dalam arti murid yang belajar di pesantren namun semua pihak yang merasa menjadi bagian dari perjuangan dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamiin.

Kyai M Nur Sholeh tampak mengenakan sarung warna putih, dipadupadankan dengan kemeja putih dan jas hijau dengan peci hitam. Alih-alih menggunakan sepatu, sang Kyai memakai sandal yang merupakan alas kaki sehari-hari di pesantren.

Para peserta upacara sedang hormat Bendera Merah Putih. Doc. : Ponpes
Para peserta upacara sedang hormat Bendera Merah Putih. Doc. : Ponpes

Tema hari santri nasional tahun 2020 adalah “Santri sehat Indonesia kuat”. Upacara berjalan khidmat. Bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Sesuai tema Santri sehat Indonesia Kuat. Sehat dalam arti waras. Santri harus waras jasmani dan ruhani, yo awak e yo pikirane.” Mengutip perkataan Kyai M Nur Sholeh pada sambutan upacara tersebut.

Barisan Perguruan Pencak Silat Setia Hati Terate menjadi peserta sekaligus memberikan dukungannya untuk perjuangan santri.

Ratusan peserta mengikuti upacara dengan khidmat. Doc : Ponpes
Ratusan peserta mengikuti upacara dengan khidmat. Doc : Ponpes

Menurut pengurus PSHT Ranting Tirtomoyo Singgih Sumeidi bahwa hari santri merupakan hari yang sangat istimewa karena kita diajarkan untuk mengingat kembali sejarah tentang perjuangan para ulama yang telah susah payah membela NKRI demi sebuah kemerdekaan. Kita yang sekarang ini tinggal meneruskan cita-cita para Kyai yaitu terus memancarkan kebaikan kepada siapapun, bisa mejadi contoh diri pribadi, keluarga, lingkungan masyarakat, dan negara sebagai rohmatan lil’alamin seperti yang dianjurkan dalam Al Qur’an.

Di tempat terpisah Pondok Pesantren Al Amin Pongkalan Jarum Sidorejo juga melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Pengasuh Ponpes Al Amin Kyai Ahmadi bertindak sebagai pembina upacara. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh santri ponpes setempat.

About artadiputra 221 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan