Hujan Pun Tidak Menyurutkan Semangat Lansia untuk Hadir di Posyandu Larasati

B
Bidan Desa Panti Arif sedang menyampaikan sosialisasi di hadapan peserta yang mayoritas warga lansia di Posyandu Larasati, Senin (10/12). Photo : Panti

sidorejo-wonogiri.desa.id Awal Bulan Desember ini musim hujan mulai tiba di sebagian besar wilayah Indonesia, khususnya wilayah Desa Sidorejo. Meskipun hujan, Kegiatan Posyandu Larasati Dusun Nglencung tetap terlaksana dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Kadus Nglencung Winarno, Senin (10/12).

Antusiasme warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan rutin Posyandu sangat baik. Terbukti dalam kondisi hujan pun banyak masyarakat yang hadir. Jumlah peserta lansia yang hadir yaitu 25 orang. Sedangkan dari total 15 balita yang ada di Dusun Nglencung, hanya 1 balita yang tidak hadir.

Bidan Desa Panti Arif datang dalam acara tersebut. Beliau memberikan materi sosialisasi tentang waspada bencana di musim hujan. Mengingat kondisi geografis Desa Sidorejo yang berupa pegunungan, maka masyarakat harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor.

Panti Arif juga mengingatkan kepada seluruh peserta akan bahaya penyakit yang sering timbul di musim hujan seperti diare dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka diharapkan masyarakat melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut. Beliau menyebut dengan istilah 3M Plus yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Sedangkan Plus-nya bisa dengan menjual barang yang sudah tidak terpakai seperti botol-botol bekas.

Kegiatan yang banyak diikuti oleh para Lansia ini, patut menjadi motivasi bagi kita semua bahwa masyarakat usia lanjut pun memiliki kesadaran akan pentingnya mengikuti kegiatan Posyandu. Dalam fisik yang tidak muda lagi, dan kondisi hujan yang membuat jalanan pegunungan menjadi licin, tidak menyurutkan semangat mereka untuk memantau kesehatan dan mendapatkan informasi di Posyandu. Selain itu juga bisa dijadikan media silaturahmi antar warga masyarakat.

Facebook Comments
About artadiputra 127 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan