Ibu yang Mempunyai Balita Ikut Belajar “Isi Piringku” di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan

sidorejo-wonogiri.desa.id Para Ibu yang mempunyai balita mendapatkan pelajaran tentang “Isi Piringku” dari Bidan Desa Putri di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan, Selasa (11/12). Sebanyak 15 orang ibu hadir pada acara tersebut.

Bidan Putri menjelaskan kepada para peserta tentang zat-zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan badan dan tumbuh-kembang anak.

“Isi Piringku” merupakan slogan baru dari Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. “Isi Piringku” menjadi pedoman untuk konsumsi makanan sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang. Program Isi Piringku ini menekankan pada keseimbangan gizi yang harus dikonsumsi masyarakat.

Keseimbangan gizi pada program Isi Piringku memberikan panduan bahwa dalam satu porsi makanan bergizi seimbang yaitu 2/3 dari 1/2 piring yang pertama berisi makanan pokok yang mengandung Karbohidrat. Makanan pokok untuk Pulau Jawa berupa nasi. Makanan pokok selain nasi contohnya jagung, singkong, ubi, talas, sagu, dll.

Kebutuhan lauk-pauk dalam porsi makanan bergizi seimbang yaitu 1/3 dari setengah piring yang pertama. Lauk-pauk yang mengandung protein hewani contohnya daging, unggas, ikan, telur, dan susu. Untuk protein nabati contohnya tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Kebutuhan akan vitamin, mineral, dan serat pangan dapat dicukupi dari mengkonsumsi buah-buahan. Jumlah kebutuhan buah untuk porsi makanan bergizi seimbang yaitu 1/3 dari 1/2 piring yang kedua. Contohnya pisang, melon, semangka, rambutan, salak, jambu air, dll.

Kebutuhan gizi seimbang yang terakhir berupa sayur-sayuran yang mengandung aneka vitamin dan mineral. Jumlah kebutuhan sayuran untuk porsi makanan bergizi seimbang yaitu 2/3 dari 1/2 piring yang kedua. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu misalnya ketimun, selada air, buncis, tomat, dll.

Selain pola makan yang sehat, tentunya harus didukung pula dengan gaya hidup yang sehat agar kesehatan tubuh lebih optimal. Gaya hidup sehat yang perlu diterapkan yaitu gerakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, minum air 8 gelas per hari, dan memantau berat badan setiap bulan.

Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter per hari. Sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Isi Piringku merupakan pedoman pemenuhan gizi seimbang

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan