Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Pembantu Sidorejo

B
Para Peserta Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sidorejo, Selasa (17/07/2018). Doc. Panti

sidorejo-wonogiri.desa.id Hari ini Selasa (17/07/2018) ada kegiatan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sidorejo. Kegiatan seperti ini dilaksanakan rutin setiap hari Selasa Pon dimulai sejak pukul 9.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pertemuan pada hari ini dihadiri 22 orang dengan dipandu langsung oleh Bidan Panti Arif. Pada hari ini beliau menyampaikan materi tentang hal apa saja yang harus dilakukan oleh ibu ketika sudah diketahui hamil, dan ibu hamil juga harus tahu tanda bahaya dalam kehamilan.

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Namun karena di Sidorejo terkendala dengan terbatasnya tenaga kesehatan, maka satu orang bidan terpaksa harus mengampu 22 ibu hamil.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

B
Suasana Pembelajaran di Kelas Ibu Hamil Pustu Desa Sidorejo, Selasa (17/07/2018). Doc. Panti

Pada kesempatan hari ini, materi pertama yang disampaikan adalah apa yang harus dilakukan jika seorang ibu sudah diketahui hamil? Berikut ini adalah jawabannya :

  1. Lakukan pemeriksaan kehamilan minimal 4 kali.
  2. Lakukan penimbangan berat badan.
  3. Minum Fe (Zat Besi) minimal 90 tablet selama kehamilan.
  4. Lakukan imunisasi Tetanus Toksoid (TT).
  5. Makan makanan bergizi.
  6. Perencanaan persalinan dengan matang.

Bu Panti juga menyampaikan bahwa seorang ibu hamil juga harus tahu tanda bahaya dalam kehamilan, diantaranya :

  1. 4 (empat) Terlalu

Terlalu Muda : Usia kurang dari 20 tahun. (Panggul belum berkembang secara sempurna, mental belum siap untuk hamil dan menjadi seorang ibu). Terlalu Tua : Usia lebih dari 35 tahun. (Kondisi kesehatan ibu mulai menurun). Terlalu Dekat Jarak Kehamilan : Kurang dari 2 tahun. (Kondisi rahim belum pulih, waktu ibu untuk menyusui dan merawat bayi kurang). Terlalu Banyak Anak : Lebih dari 4 (empat) anak. (Resiko perdarahan saat persalinan).

2. Anemia atau kurang darah.

3. Hamil lebih bulan (lebih lama dari perkiraan kelahiran).

4. Letak sungsang, melintang.

5. Perdarahan.

6. Bengkak di kaki, tangan, dan wajah.

7. Sakit kepala hebat.

8. Demam tinggi.

9. Keluar air ketuban sebelum waktunya.

10. Janin tidak bergerak.

11. Muntah berlebihan.

Jika ibu mengalami salah satu tanda bahaya tersebut di atas, segera periksa ke bidan terdekat atau ke dokter kandungan.

Pesan Bu Panti selaku tenaga kesehatan/ bidan yaitu periksa secara rutin agar ibu hamil bisa melewati masa kehamilan dengan tenang dan bisa terdeteksi secara dini jika terjadi masalah dalam kehamilan. Semua itu harus dilakukan agar proses persalinan berjalan lancar sehingga ibu dan bayi selamat.

 

Kontributor : Panti Arif

Facebook Comments
About artadiputra 134 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan