Lansia Lebih Peduli Kesehatan dengan Melakukan Screening di Dusun Pucungan

B
Para Lansia melakukan Screening Kesehatan di Posyandu Sido Lancar Dusun Pucungan, Senin (14/1/2019). Kegiatan ini diperlukan untuk tindakan pencegahan penyakit pada lansia. Foto : Marmo

sidorejo-wonogiri.desa.id Kita semua mengetahui bahwa seorang lansia atau lanjut usia memiliki tingkat kesehatan yang semakin berkurang dari waktu ke waktu. Kesehatan seorang lansia lebih sulit untuk distabilkan karena kondisi fisik mereka yang sudah mulai berkurang fungsinya atau dalam istilah kesehatan disebut dengan proses degenerasi.

Namun demikian bukan berarti seorang lansia pasrah terhadap kondisi kesehatannya. Seperti yang dilakukan oleh para lansia di Dusun Pucungan ini. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan Screening Kesehatan Lansia. Sebanyak 82 lansia datang ke Posyandu Lansia Sidolancar, Senin (14/1/2019). Kegiatan ini langsung dilayani oleh Tim Puskesling dari Puskesmas Tirtomoyo 1.

B
Peserta yang datang dengan keluhan kesehatan mendapatkan tindakan pengobatan dari tim Puskesling. Foto : Marmo

Dikutip dari hellosehat.com, Screening Kesehatan adalah salah satu upaya pencegahan penyakit. Tujuannya yaitu mendeteksi penyakit sedini mungkin agar Anda bisa mengendalikan penyakitnya.

Bidan Panti Arif memberikan keterangan melalui pesan singkat kepada jurnalis sidorejo-wonogiri.desa.id, beliau menyebutkan penyakit yang dideteksi diantaranya Pengukuran Tekanan Darah, Berat Badan, Kolesterol dan Gula Darah Sewaktu. Pasien yang dilakukan screening adalah peserta yang berusia 60 tahun ke atas.

“Dari 82 lansia yang datang, terdapat 71 kunjungan sakit dan 11 kunjungan sehat. Kalau kunjungan sakit artinya peserta mengalami keluhan sehingga langsung diobati. Sedangkan kunjungan sehat cuma cek Tekanan Darah, BB, Kolesterol dan cek Gula Darah Sewaktu” Kata Bidan Panti Arif.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kegiatan para lansia ini adalah seperti kata pepatah, ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’. Maka tindakan preventif dapat kita lakukan dengan menjaga pola hidup sehat agar masa tua kita sehat dan bahagia.

Facebook Comments
About artadiputra 172 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan