Malam Tirakatan Mengenang Perjuangan Pahlawan Bangsa oleh Pemdes Sidorejo bersama Masyarakat

Dari Kiri ke Kanan PJ Kades Rahmad Ari Windono bersama Perwakilan Tim Dira Albi Yahya saat Penyerahan Piala Sebagai Bukti Prestasi Tim Bola Volly Putra Sidorejo. Foto : KKN
Dari Kiri ke Kanan PJ Kades Rahmad Ari Windono bersama Perwakilan Tim Dira Albi Yahya saat Penyerahan Piala Sebagai Bukti Prestasi Tim Bola Volly Putra Sidorejo. Foto : KKN

sidorejo-wonogiri.desa.id Setiap malam menjelang 17 Agustus Pemerintah Desa Sidorejo bersama masyarakat selalu melaksanakan Kegiatan Malam Tirakatan untuk Mengenang Perjuangan Para Pahlawan Bangsa Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 pada Tahun 2019 yang dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo. Terdapat banyak rangkaian acara yang di laksanakan pada Tirakatan malam tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 00.00 WIB.

Ada wawasan kebangsaan serta asal usul Desa Sidorejo yang dipaparkan oleh Sesepuh Desa Bapak Khozin. Setelah itu dilanjutkan dengan Penyerahan Piala Turnamen Bola Voli Putra Sidorejo ke Perangat Desa Sidorejo, dilanjut lagi penampilan Hadroh AL Barokah oleh Santri Pondok Pesantren  Miftahul Huda dari Pundungan Sidorejo, dan acara ditutup dengan pemutaran salah satu film perjuangan yang berjudul Merah Putih.

Tim Bola Voli Putra Sidorejo menyerahkan 2 piala yaitu juara 4 Sekijang Cup Kecamatan Jatiroto, juara 2 Idul Fitri Cup Cangkring Tirtomoyo, dan juara 1 Dadung Cup Batuwarno tanpa piala.

Para peserta Malam Tirakatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Desa Sidorejo, Jum'at (16/8/2019). Foto : KKN
Para peserta Malam Tirakatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Desa Sidorejo, Jum’at (16/8/2019). Foto : KKN

Malam tirakatan tersebut dihadiri oleh seluruh keluarga besar PJ Kepala Desa Rahmad Ari Windono, Perangkat Desa, dan Lembaga Desa di Desa Sidorejo. Turut hadir dan membantu pelaksanaan kegiatan para Mahasiswa KKN dari UNIVET BANTARA Sukoharjo yang pada Bulan Agustus – Oktober 2019 melaksanakan Kegiatan KKN Tematik Penggalian Potensi Desa di Desa Sidorejo.

“ Tirakatan ini bertujuan untuk mengingat perjuangan para pahlawan serta untuk bersyukur bahwa kita semua telah  dapat menikmati kemerdekaan yang merupakan hasil dari perjuangan para Pahlawan Bangsa Indonesia“, Kata PJ Kepala Desa Sidorejo Rahmad Ari Windono di awal acara Malam Tirakatan tersebut.

Kegitan tersebut ditutup dengan pembacaan Tahlil dan do’a bersama yang dipimpin oleh Kyai Syahrul Muharom dari Pondok Pesantren Miftahul Huda Pundungan Sidorejo.

 

-(WahyuBS)-

Facebook Comments
About artadiputra 169 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan