Masyarakat Harus Mengenal PIS PK Supaya Menjadi Keluarga Sehat

B
Sosialisasi PIS PK kepada Kader Posyandu Desa Sidorejo di Balai Desa setempat, Selasa (7/8/2018). Doc. Panti Arif

sidorejo-wonogiri.desa.id Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang memiliki peran yang cukup signifikan dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Melalui keluarga diharapkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dapat tercipta.

Demi menyukseskan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS PK), Puskesmas Tirtomoyo 1 mengadakan sosialisasi dengan mengundang seluruh Kader Posyandu Desa Sidorejo. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (7/8/2018) di Balai Desa setempat dan dihadiri oleh 51 orang undangan.

B
Pak Suki dari Puskesmas Tirtomoyo 1 sedang memberikan materi sosialisasi PIS PK. Doc. Panti Arif

Pedoman pelaksanaan PIS PK yaitu PERMENKES Nomor 39 Tahun 2016. Adapun area prioritas/sasaran yang ditetapkan oleh pemerintah adalah menurunkan angka kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi balita pendek/stunting, penanggulangan penyakit menular dan tidak menular.

Pendekatan keluarga adalah salah satu cara pelayanan puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Pendekatan pelayanan yang mengintegrasikan UKM dan UKP secara berkesinambungan dengan target keluarga, didasari data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

4 hal yang diperlukan dalam implementasi PIS PK :

1. Forkom internal puskesmas dan jejaringnya.

2. Forkom eksternal (dukungan lintas sektor, kecamatan, desa/kelurahan, PKK, dll.)

3. Keterlibatan masyarakat sebagai mitra (kader kesehatan, PKK, Karang Taruna, dll).

4. Instrumen yang digunakan di tingkat keluarga (profil kesehatan keluarga).

Terobosan baru dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan keluarga ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Maka dari itu pihak Puskemas mengajak seluruh Kader Posyandu untuk ikut mendampingi Tim Pelaksana Kegiatan PIS PK.

 

Kontributor : Panti Arif

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan