Melalui Musrenbangdes Awal Tahun, Masyarakat Bisa Mengajukan Usulan Ke Pemda Kabupaten Dan Provinsi

Tim 3 Kecamatan Tirtomoyo bersama Kepala Desa Sidorejo dan Pendamping Desa Hanung Nugroho. Foto : Artadi
Tim 3 Kecamatan Tirtomoyo bersama Kepala Desa Sidorejo dan Pendamping Desa Hanung Nugroho. Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Musrenbangdes awal tahun adalah momentum bagi masyarakat desa untuk mengajukan usulan mereka ke Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi dalam RKPD 2021. Pemerintah Desa Sidorejo menyelenggarakan Musrenbangdes ini di Balai Desa setempat, Kamis (23/1/2020). Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Kepala Sekolah, PKK, Karangtaruna, Ketua RT dan RW tersebut dipantau oleh Tim 3 Kecamatan Tirtomoyo dan dibimbing langsung oleh Pendamping Desa Hanung Nugroho.

Melalui Musrenbangdes kali ini Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk mengajukan usulan yang akan didanai oleh Pemerintah Daerah. “Musrenbangdes biasa dilaksanakan 2 kali setahun yaitu di Bulan Januari untuk menyusun RKPD dan di Bulan September untuk menyusun RKPDes.” Kata Joko Nalongso. Hal senada disampaikan pula oleh Sekcam Tirtomoyo Catur Susilo Prono. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang harus dijalani dan nanti akan diinput oleh perangkat desa melalui aplikasi yang sudah disediakan paling lambat 30 Januari 2020.” Kata Catur menambahkan.

Pada kesempatan itu Catur juga membacakan sambutan Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Dalam sambutan tersebut disampaikan isu strategis yang dihadapi Pemkab Wonogiri yaitu pertama masih tingginya angka kemiskinan dengan angka kemiskinan di angka 2 digit, yaitu 10,25% Tahun 2019.

Para peserta Kegiatan Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2021. Foto : Artadi
Para peserta Kegiatan Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2021. Foto : Artadi

Isu kedua adalah rendahnya Indek Pembangunan Manusia sebesar 69,37 yang disebabkan oleh rendahnya Indeks Angka Harapan Lama Sekolah (IAHLS) sebesar 12,45 tahun, Indeks Rata-rata Lama Sekolah (IRLS) sebesar 6,88 tahun, Angka Harapan Hidup (AHH) sebesar 76,05 tahun dan pengeluaran per kapita disesuaikan sebesar Rp. 9.117.000,- perkapita pertahun.

Bupati Jekek meminta agar dalam penyusunan kegiatannya bersinergi dan berkolaborasi dengan program dan kegiatan prioritas Pemkab Wonogiri dalam rangka menjawab permasalahan dan isu strategis di atas. Kebijakan yang perlu dikolaborasikan dengan Pemerintah Desa adalah melalui program dan kegiatan pemberdayaan ekonomi dan sosial, diantaranya melalui pemberian bantuan stimulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bantuan pembangunan jambanisasi dan pemasangan listrik bagi rumah tangga miskin.

Sedangkan untuk peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) diantaranya dengan bantuan untuk penanganan dan pencegahan stunting, bantuan penanganan gizi buruk, bantuan penanganan gizi kurang, bantuan penanganan penderita gondok, bantuan pencegahan/penanganan penderita HIV, bantuan untuk pemberdayaan ekonomi misalnya pelatihan bagi UMKM, pembangunan destinasi wisata, penyertaan modal untuk BUMD, meningkatkan pendapatan dan perekonomian dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk mengelola potensi yang dimiliki oleh desa.

About artadiputra 231 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan