Membentuk Pola Hidup Sehat, Posyandu Mekar Sari Membiasakan CTPS

B
Para peserta nampak ceria saat mempraktekkan CTPS bersama petugas dari Puskesmas Tirtomoyo 1, Senin (21/1/2019). Foto : Panti

sidorejo-wonogiri.desa.id Untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan memang sulit. Padahal mengubah kebiasaan agar menjadi lebih baik sangat diperlukan. Terutama jika berkaitan dengan kesehatan hidup kita.

Untuk memelihara kesehatan tidak harus mahal. Contohnya adalah membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Meskipun sederhana, kegiatan ini berdampak sangat luar biasa bagi kesehatan masyarakat. Lalu apa pengertian CTPS itu? Cuci Tangan Pakai Sabun atau CTPS adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun.

B
Petugas dari Puskesmas Tirtomoyo 1 mengajak para peserta di Posyandu Mekar Sari Dusun Kembang untuk mempraktekkan CTPS. Foto : Panti

Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan kuman berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas, dll).

Untuk belajar tentang CTPS tersebut, Posyandu Balita dan Lansia Mekar Sari Dusun Kembang kedatangan petugas dari Puskesmas Tirtomoyo 1, Senin (21/1/2019). Petugas mengajak seluruh peserta untuk belajar sekaligus mempraktekkan kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Tidak hanya balita, namun lansia pun sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Suasana ceria menunjukkan bahwa mereka sangat menikmati kegiatan ini.

 

Bidan Panti Arif menyampaikan kepada jurnalis sidorejo-wonogiri.desa.id melalui pesan singkat bahwa tujuan CTPS ini adalah supaya tangan menjadi bersih, membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme (cacing, virus, bakteri), dan menghindari masuknya kuman ke dalam tubuh (kulit-tangan-mulut).

B
Petugas sedang menjelaskan tentang pengertian CTPS kepada peserta kegiatan di Posyandu Mekar Sari. Foto : Panti

Seluruh peserta mendapatkan penjelasan tentang manfaat CTPS. Ada 3 manfaat yang kita peroleh yaitu yang pertama dapat melunturkan lemak dan kotoran tempat kuman bersarang (Aroma harum sabun memberi kesegaran). Manfaat yang kedua yaitu tangan anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut, hidung, liang telinga, dan selaput lendir, seperti di mata. Dan manfaat yang ketiga yaitu dapat mencegah 10 jenis penyakit (diare, penyakit saluran pernapasan, Disentri, iritasi kulit, biang keringat, radang tenggorokan, mata merah, jerawat, bau badan, dan Tifus).

Facebook Comments
About artadiputra 127 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan