MUSDUS DESA SIDOREJO SATU MINGGU UNTUK ENAM TAHUN

Tim 1 Musyawarah Dusun bersama Pendamping Desa Hanung Nugroho. Doc. Tim Musdus
Tim 1 Musyawarah Dusun bersama Pendamping Desa Hanung Nugroho. Doc. Tim Musdus

sidorejo-wonogiri.desa.id Musyawarah dusun merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan desa. Dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi awal pemerintah desa dalam menentukan kebijakan pembangunan selama enam tahun ke depan.

Musyawarah dusun di Desa Sidorejo dilaksanakan satu minggu berturut-turut, yaitu sejak Sabtu (22/2/2020) hingga Sabtu (29/2/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan di 11 dusun yang ada di Desa Sidorejo meliputi Pundungan, Tempel, Jarum, Pucungan, Sobo, Towo, Pakelan, Nglencung, Sidowayah, Kembang dan Sentono.

Peserta Musyawarah Dusun di Dusun Towo. Doc. Tim Musdus
Peserta Musyawarah Dusun di Dusun Towo. Doc. Tim Musdus

Musyawarah ini dihadiri oleh seluruh unsur dari masyarakat. Mulai dari unsur perempuan, tokoh masyarakat, karang taruna, kelompok tani dan keagamaan. Di setiap kesempatan dalam sambutannya Kepala Desa Joko Nalongso membacakan laporan Realisasi APBDes Tahun Anggaran 2019 sebagai wujud transparansi desa. Bagaimana pembelanjaan desa yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2019. Selain itu semua ini juga bukti keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakat. Dengan demikian diharapkan masyarakat pun bisa ikut mengawal pelaksanaan APBDes.

Mengingat wilayah Desa Sidorejo yang luas dan letaknya berada di daerah pegunungan, maka Pemerintah Desa Sidorejo membagi tim menjadi dua dengan didampingi oleh Pendamping Desa Hanung Nugroho dan Asih Rejeki. Tim 1 terdiri dari 6 orang yaitu Kades Joko Nalongso, Kaur Perencanaan Rato, Ketua LPM Sriyanto, Ketua TP PKK Listyowarni, Anggota BPD Ali Azis dan Staff Kantor Yuniarsih. Sementara tim 2 terdiri dari 5 orang diantaranya Sekdes Shobari, Kaur Keuangan Sutarti, Karang Taruna Isbani, Ketua KPMD Agus Haryanto dan Anggota PKK Umi Farida.

Musyawarah dusun dilaksanakan di rumah kadus masing-masing dusun. Semua usulan warga di tampung dalam musyawarah dusun ini. Usulan tersebut meliputi bidang infrastruktur, pertanian, peternakan, kepemudaan, perempuan dan kesehatan. Dari semua usulan tersebut nantinya akan dibahas dalam Musyawarah Desa ( Musdes ) Sektoral RPJMDes 2019-2025.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan