OJT Operator Siskeudes Demi Tertib Administrasi Keuangan Desa

B
Dari kiri ke kanan Ahmad Dwi Artadi Putra bersama Bapak Hanung Nugroho sedang melakukan OJT Siskeudes di Kantor Desa Sidorejo, Rabu (04/07). Photo : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Untuk meningkatkan kemampuan Operator Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Bapak Hanung Nugroho selaku pendamping desa mengunjungi Kantor Desa Sidorejo untuk melakukan On Job Training (OJT) kepada Ahmad Dwi Artadi Putra selaku Operator Siskeudes Desa Sidorejo. Kegiatan OJT ini dilaksanakan selama setengah hari, Rabu (04/07) bertempat di Kantor Desa Sidorejo.

Kegiatan OJT berlangsung dalam suasana santai namun tidak meninggalkan tujuan utama tentang peningkatan kemampuan operator Siskeudes. Dalam kesempatan ini Bapak Hanung ingin memastikan bahwa administrasi keuangan desa yang dikerjakan melalui Aplikasi Siskeudes sudah dilaksanakan sesuai peraturan. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang Surat Pengajuan Pencairan (SPP) yang dibagi menjadi dua yaitu Definitif dan Panjar.

Keduanya baik SPP Definitif maupun SPP Panjar sama-sama bagus tergantung kondisi saat dibuat. Untuk Definitif yaitu belanja yang benar-benar telah terjadi dan dibuktikan dengan Kwitansi belanja dan bukti pendukung lainnya. Sehingga permintaan yang diajukan ke Bendahara Desa total dananya sama dengan realisasi belanja.

Untuk SPP Panjar dilaksanakan dalam 2 tahapan yaitu tahap SPP dan tahap SPJ. Terdapat 2 tahap karena pada total dana yang diajukan kepada Bendahara Desa melalui SPP Panjar memiliki kwitansi yang masih bisa berubah-ubah dalam realisasinya. Sehingga pada akhirnya dimungkinkan terdapat dana sisa panjar yang harus dikembalikan kepada bendahara.

Bapak Hanung mengatakan bahwa belanja untuk kegiatan pembangunan fisik bisa dimasukkan ke dalam SPP Definitif yaitu dengan cara tim pengadaan barang berhutang kepada toko. Kemudian total dana yang akan diajukan disesuaikan dengan nota belanja. Sehingga tidak ada sisa dana yang harus dikembalikan.

Facebook Comments
About artadiputra 173 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan