Para Ibu di Pakelan Menerima Penyuluhan tentang Demam Berdarah

B
Bidan Putri memberikan penyuluhan tentang Demam Berdarah di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan, Jum'at (8/2/2019). Foto : Putri

sidorejo-wonogiri.desa.id Hari ini di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan menerima penyuluhan tentang penyakit Demam Berdarah dari Bidan Desa Mahbub Putri, Jum’at (8/2/2019). Penyuluhan tersebut ditujukan kepada para Ibu dari siswa PAUD, sekaligus agar siswa PAUD juga ikut mengenal bahaya penyakit Demam Berdarah.

B
Penyuluhan Demam Berdarah di Posyandu Dusun Pakelan oleh Bidan Putri, Jum’at (8/2/2019). Foto : Putri

Setelah melakukan penyuluhan di PAUD Harapan Bangsa, Bidan Putri juga melakukan penyuluhan di Posyandu Lansia Dusun Pakelan. Sehingga masyarakat Dusun Pakelan khususnya para Ibu semakin mengenal dan waspada terhadap ancaman wabah penyakit Demam Berdarah.

Demam Berdarah atau Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Ciri fisik dari nyamuk ini adalah ukuran tubuhnya sedang, berwarna hitam kecoklatan dengan loreng putih di tubuh dan kaki/tungkainya. Nyamuk Aedes aegypti bersarang dan bertelur di tempat gelap dan lembab yang terdapat genangan air bersih. Contoh wadah air bersih, kaleng bekas, dll.

Tindakan Menangkal Wabah DBD, Warga Se-Desa Sidorejo Melakukan Gebrak PSN

B
Kegiatan menguras bak mandi di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan. Foto : Putri

Kegiatan penyuluhan hari ini bersamaan dengan dilaksanakannya Gebrak PSN atau Gerakan Bersama Rakyat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk di seluruh wilayah Desa Sidorejo. Oleh karena itu, setelah dilakukan penyuluhan para Ibu langsung melaksanakan Gebrak PSN. Seperti yang dilaksanakan di PAUD Harapan Bangsa, para Ibu menguras bak mandi yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes aegypti.

Facebook Comments
About artadiputra 128 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan