Para Lansia Belajar CERDIK* di Posyandu Lansia Dusun Towo

B
Para Lansia sedang menerima materi penyuluhan tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), Kamis (10/1/2019). Photo : Putri

sidorejo-wonogiri.desa.id Meskipun sudah lanjut usia, para lansia di Posyandu Lansia Dusun Towo tetap bisa CERDIK*. Mereka sangat antusias bergabung dalam kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh Bidan Putri, Kamis (10/1/2019) bertempat di rumah Kadus Towo.

Materi yang disampaikan oleh Bidan Putri adalah tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM). PTM bukan penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau ditularkan melalui orang lain. Penyebabnya adalah karena pola perilaku manusia itu sendiri.

B
Bidan Putri sedang melakukan tindakan pengobatan kepada para peserta yang sedang mengalami gangguan kesehatan. Photo: Putri

Penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, penyakit saluran pernafasan kronik dan diabetes mellitus merupakan kategori PTM yang telah menyebabkan 63 persen kematian di seluruh dunia setiap tahun. PTM pada umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Bidan Putri mengajarkan kepada para lansia cara CERDIK* untuk mencegah PTM. CERDIK adalah singkatan dari beberapa tindakan untuk mencegah PTM, yaitu “C” (cek kesehatan secara berkala), “E” (enyahkan asap rokok), “R” (rajin aktivitas fisik), “D” (diet sehat dengan kalori seimbang), “I” (istirahat yang cukup), dan “K” (kelola stress).

Pada kesempatan itu selain melakukan kegiatan penyuluhan, Bidan Putri juga melakukan tindakan pengobatan kepada para peserta yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Facebook Comments
About artadiputra 128 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan