Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pakan Fermentasi

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pakan Fermentasi. Foto : Artadi
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pakan Fermentasi. Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Guna meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan, Pemerintah Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pakan fermentasi, Sabtu (26/03/2022). Kegiatan yang dilaksanakan hasil kerjasama antara pemerintah desa dengan P4S Mardi Mulyo Farm Madiun tersebut dilaksanakan langsung di lokasi peternakan milik P4S Mardi Mulyo Farm di Geger Madiun.

Menurut Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengubah mindset atau pola pikir para petani dan peternak dari pola turun temurun menjadi pola yang mengikuti perkembangan teknologi pertanian dan peternakan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan. Foto : Artadi
Pelatihan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan. Foto : Artadi

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh tim tutor dengan bahan dan peralatan praktek yang disediakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mardi Mulyo Farm. Pokok materi yang dibahas adalah bagaimana menjamin ketersediaan pakan dalam jangka waktu yang lama bahkan bisa disimpan hingga beberapa tahun menggunakan metode silase atau fermentasi. Selain itu para peserta juga dilatih bagaimana mengolah limbah kotoran ternak agar menjadi pupuk organik yang bernilai ekonomis dan efektif untuk menyuburkan tanaman.

Ketua Gapoktan Marmo mengapresiasi program pemerintah desa yang mengadakan pelatihan seperti ini sehingga dapat menambah wawasan dan meningkatkan motivasi masyarakat khususnya para petani dan peternak.

Ketua P4S Mardi Mulyo Farm Zainul Basari mengungkapkan bahwa dengan berbagi pengalaman dan informasi ini mungkin bisa diterapkan di Wonogiri khususnya Desa Sidorejo.

About artadiputra 232 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan