Pembinaan Administrasi Dasa Wisma Sebagai Ujung Tombak Pendataan Warga

Kelompok Dasawisma sedang belajar administrasi. Foto : TP PKK
Kelompok Dasawisma sedang belajar administrasi. Foto : TP PKK

sidorejo-wonogiri.desa.id TP PKK Desa Sidorejo menggelar Pembinaan Administrasi PKK tingkat Dasawisma. Tim Pembina dari PKK beranggotakan Sutarti, Titik Widayatmi, Tiyatmi, Rohmah, Sri Alimah, Umi Nur Kholisoh, Umi Farida, dan Niyarotun Nafidah. Mereka melakukan pembinaan jemput bola dengan mendatangi setiap kelompok Dasawisma.

Di Desa Sidorejo setiap RT memiliki 2 kelompok Dasawisma, sehingga dari 36 RT memiliki jumlah total 72 kelompok Dasawisma. “Proses pembinaan dimulai pada Sabtu (5/10/2019) dan dijadwalkan akan selesai pada Rabu (9/10/2019).” Kata Sutarti.

Kelompok Dasawisma se-Dusun Sobo foto bersama setelah pembinaan administrasi. Foto : TP PKK
Kelompok Dasawisma se-Dusun Sobo foto bersama setelah pembinaan administrasi. Foto : TP PKK

Materi yang disampaikan meliputi administrasi pokok berupa data keluarga, catatan ibu hamil dan nifas, sedangkan administrasi samping berupa keuangan, buku kegiatan, buku inventaris, buku tamu, daftar hadir, notulen, dll. Semua administrasi tersebut mengacu pada Buku Rakernas 8 Tahun 2015.

Sampai saat ini sudah dilakukan pembinaan sebanyak 26 Dasawisma di Dusun Pakelan, Towo, Sobo, dan Pucungan. “Untuk sementara administrasi Dasawisma Dusun Sobo termasuk paling lengkap dan sudah dikerjakan jika dibandingkan dengan Dusun Pakelan, Towo, dan Pucungan. Meski demikian Dasawisma Dusun Sobo masih perlu peningkatan administrasi.” Kata Sutarti.

Masih ada 46 Kelompok Dasawisma yang belum dikunjungi. Kelompok tersebut terdapat di Dusun Pundungan, Tempel, Jarum, Sidowayah, Kembang, dan Sentono.

Facebook Comments
About artadiputra 173 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan