Penyaluran Bantuan Makanan Tambahan untuk Balita Gizi Kurang oleh Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo

B
Penyaluran Bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan Balita Gizi Kurang di Pendopo Kecamatan Tirtomoyo, Sabtu (3/11/2018). Photo : Sumiyem

sidorejo-wonogiri.desa.id Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo menyalurkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan Balita Gizi Kurang Tahun Anggaran 2018 dalam bentuk makanan bergizi. Daftar menu yang diberikan sesuai dengan daftar menu yang dibuat oleh petugas gizi dari Puskesmas.

Pengurus TP PKK Kecamatan Tirtomoyo Sumiyati mengatakan “Jadi pemberian PMT itu mulai 1 November 2018 berturut-turut selama 90 hari. Kecamatan Tirtomoyo mengambil opsi penyaluran yaitu diberikan 1 minggu sekali. Menu basah untuk tambahan makan sehari di hari pertama. Untuk hari kedua sampai hari ketujuh diberikan makanan kering sesuai daftar menu yang dibuat oleh petugas gizi dari Puskesmas”.

Kecamatan Tirtomoyo mendapatkan kuota 27 anak balita. Untuk Desa Sidorejo mendapatkan jatah 1 anak balita yang diberikan kepada balita kurang gizi dari Dusun Pakelan. Bantuan tersebut diberikan di Pendopo Kecamatan Tirtomoyo, Sabtu (3/11/2018). Orang tua balita penerima bantuan tersebut hadir dengan didampingi oleh petugas dari Kader TP PKK Desa Sidorejo.

Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo menerima dana sebesar Rp.18.225.000,- dari Bankeu Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2018. Setiap balita menerima bantuan dalam bentuk makanan bergizi. Makanan tersebut senilai Rp.7.500,- per hari selama 90 hari, sehingga total setiap balita akan menerima bantuan senilai Rp.675.000,-.

Sumiyati menjelaskan bahwa makanan yang diberikan di hari pertama setiap minggu berupa makanan basah. Makanan basah yang diterima pada saat itu berupa puding, telur rebus, bolu kukus, dan kue lapis. Sedangkan makanan kering untuk hari kedua hingga hari ketujuh setiap minggunya berupa telur, abon, susu, malkis susu/roti, buah apel, jeruk, dan keripik tempe. Semuanya sesuai daftar resep dari petugas gizi puskesmas.

“Ma’af kemarin itu mendadak sehingga kami tidak bisa menyajikan menu sesuai resep karena harga di resep sama toko berbeda sehingga menyesuaikan. Tetapi untuk yang dibawa pulang saya berusaha seperti daftar resep”.  Kata Sumiyati saat menjelaskan daftar menu yang diberikan kepada balita tersebut.

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

1 Trackback / Pingback

  1. Desa Sidorejo menuju Desa Siaga Sehat – Desa Sidorejo

Tinggalkan Balasan