Peringatan Hari Kartini Desa Sidorejo

B
Para Pengurus TP PKK Desa Sidorejo sedang Foto Bersama di Balai Desa Sidorejo, Selasa (24/04/2018). Foto Dokumentasi TP PKK Desa Sidorejo.

sidorejo-wonogiri.desa.id, PUNDUNGAN – Pertemuan rutin TP PKK Desa Sidorejo dilaksanakan dengan suasana yang berbeda. Seluruh peserta hadir dengan memakai kebaya yang mencirikan wanita Jawa tempo dulu. Semua hal yang luar biasa ini* karena dalam rangka memperingati Hari Kartini di Desa Sidorejo pada Selasa (24/04/2018), di Balai Desa Sidorejo, dengan peserta seluruh pengurus dan anggota TP PKK Desa Sidorejo. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Perayaan ini tidak dilaksanakan tepat pada tanggal 21 April karena dibarengkan dengan agenda pertemuan rutin TP PKK setiap tanggal 24 per bulan. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Mars PKK dan Ibu Kita Kartini. Sambutan dalam acara ini oleh Ketua TP PKK Desa Sidorejo yaitu Ibu Listyowarni dengan membacakan riwayat singkat Raden Ajeng Kartini. Dalam pembacaan tersebut disampaikan beberapa hal, diantaranya bahwa RA. Kartini adalah pelopor emansipasi wanita. Ia bercita-cita mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan. Pada masa itu wanita dianggap tidak perlu sekolah karena tugasnya didapur dan mengurus keluarga. Kartini merubah paradigma tersebut dengan mendirikan sekolah wanita. Kartini gemar membaca dan menulis surat kepada sahabatnya di luar negeri. Kumpulan dari suratnya tersebut lalu dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang diberi judul “HABIS GELAP TERBITLAH TERANG”.

B
Para Peserta sedang Menyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini di Balai Desa Sidorejo, Selasa (24/04/2018). Foto Dokumentasi : TP PKK Desa Sidorejo.

Ibu Titik selaku sekretaris TP PKK Desa Sidorejo menjadi pembicara pada pertemuan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa pada tanggal 26 April 2018 ada kegiatan Safari KB Gratis di Puskesmas Tirtomoyo 1. Kegiatan tersebut dimulai pukul 8 pagi sampai selesai. Seluruh masyarakat yang ingin KB bisa memanfaatkan kegiatan tersebut. Bagi yang memiliki BPJS harap dibawa dan diserahkan kepada petugas.

Sedangkan perayaan Hari Kartini untuk acara puncaknya akan diadakan di lokasi wisata Seper Jatipurno. Kegiatan tersebut rencana akan dilaksanakan pada Rabu (25/04/2018). Ibu Titik menyampaikan bahwa perayaan kali ini dilaksanakan dengan melakukan outbound di alam.

Dan seperti biasanya setiap pertemuan rutin selalu ada pembagian hadiah untuk memotivasi kehadiran peserta. Hadiah hadir kali ini jatuh pada Ibu Surati dari Sobo, Ibu Warni dari Pundungan, dan Ibu Siti Komah dari Sidowayah. Semoga hadiahnya bermanfaat dan dapat memotivasi para peserta lainnya.

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan