Perkembangan Penerapan Siskeudes di Kabupaten Wonogiri Sejak 2017 Hingga Awal Oktober 2019

Tampilan Siskeudes Versi 2.0.1
Tampilan Siskeudes Versi 2.0.1

sidorejo-wonogiri.desa.id Penerapan aplikasi Siskeudes atau Sistem Keuangan Desa di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mengalami peningkatan cukup signifikan. Peningkatan tersebut penting karena dapat diartikan semakin lama harapan tertibnya sistem keuangan di 251 desa se-Kabupaten Wonogiri akan terwujud.

Tenaga Ahli Pendamping Desa Satyagraha melalui keterangan tertulisnya, Rabu (16/10/2019) menyampaikan beberapa poin penting perkembangan Siskeudes di Kabupaten Wonogiri. Beliau menceritakan bahwa pada awal Tahun 2017 diselenggarakan pelatihan Siskeudes oleh BPKP kepada tim kabupaten yang terdiri dari Tenaga Ahli P3MD, Kasi Tapem Pemerintah Kecamatan dan Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Wonogiri.

Pada pertengahan Tahun 2017 dibentuklah ‘Satgas Siskeudes’ yang terdiri dari unsur Dinas PMD Kabupaten Wonogiri dan Tim Pendamping P3MD Kabupaten Wonogiri. Tugas pertama Satgas Siskeudes pada waktu itu adalah melaksanakan Training Of Trainer (TOT) bagi unsur P3MD yaitu Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Dilanjutkan dengan pelatihan pengenalan bagi 251 desa yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Wonogiri.

Melalui pelatihan tersebut, hingga akhir Tahun 2017 baru 31 desa yang telah berhasil memasukkan APBDesnya ke dalam Aplikasi Siskeudes. Dan melalui pendampingan, 7 desa telah tuntas penatausahaan hingga pelaporan menggunakan Aplikasi Siskeudes tersebut.

Pada Tahun 2018 Pemerintah Desa melalui APBDes menganggarkan ‘Klinik Siskeudes’ dan mengadakan pelatihan Siskeudes dengan melibatkan tim pendamping P3MD. Kemudian pada 27 Maret 2018 Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Sekretaris Daerah mengeluarkan surat nomor 900/2142 perihal Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2018 yang menegakkan Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Aplikasi Siskeudes.

Secara simultan Klinik Siskeudes berjalan diiringi pendampingan oleh tim pendamping P3MD. Hingga akhir Tahun 2018, sebanyak 251 desa telah 100 % berhasil memasukkan APBDesnya ke dalam Aplikasi Siskeudes. Dan 58 desa telah tuntas penatausahaan hingga pelaporan menggunakan Aplikasi Siskeudes.

Pola yang sama dengan Tahun 2018 diulang di Tahun 2019. Pemerintah Desa melalui APBDes menganggarkan ‘Klinik Siskeudes’ dan mengadakan pelatihan Siskeudes dengan melibatkan tim pendamping P3MD. Pada beberapa kecamatan diselenggarakan klinik secara rutin (sebulan sekali).

Hingga awal Oktober 2019 sebanyak 251 desa telah 100 % berhasil memasukkan APBDesnya ke dalam Aplikasi Siskeudes dan telah terkompilasi di tingkat kabupaten. Sebanyak 18 desa di 9 kecamatan belum mulai proses penatausahaan. Sebanyak 138 desa telah menyelesaikan penatausahaan hingga akhir Bulan September 2019. Untuk wilayah Kecamatan Tirtomoyo berdasarkan keterangan dari Pendamping Desa Asih Rejeki melalui pesan singkat menyatakan bahwa seluruh desa sudah melakukan penatausahaan di Aplikasi Siskeudes.

Facebook Comments
About artadiputra 173 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan