Pertemuan Kader Posyandu Membahas Pelaksanaan PIS PK

Bidan Desa Panti Arif sedang berbincang dengan Pengurus Posyandu tingkat Desa Sidorejo dalam kegiatan Pertemuan Kader Posyandu di Balai Desa Sidorejo, Rabu (5/9/2018). Tampak pula Bidan Desa Mahbub Putri sedang berdiri menyampaikan materi pertemuan kepada para peserta. Doc. : Posyandu Desa Sidorejo

sidorejo-wonogiri.desa.id Dalam pertemuan kader posyandu di Balai Desa Sidorejo, Rabu (5/9/2018), Bidan Desa Mahbub Putri Nugraeni menyampaikan tentang rencana pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) di Desa Sidorejo yang akan mulai dilaksanakan Sabtu (8/9/2018) di Dusun Pakelan.

“Ada 6 tim dari Puskesmas ditambah kader Posyandu dari masing-masing dusun.” Kata Mahbub Putri. Dia menambahkan bahwa apabila tim dari dusun tidak mencukupi maka pengurus desa harus siap membantu demi lancarnya pelaksanaan program PIS PK tersebut.

Kegiatan PIS PK ini akan dilaksanakan rutin setiap hari Selasa dan Sabtu. Dalam pelaksanaanya akan dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap RT dibagi menjadi 6 kelompok.

Para peserta Pertemuan Kader Posyandu Desa Sidorejo sedang menerima materi dari pembicara. Doc. Posyandu Desa Sidorejo

Lantas apakah yang harus dilakukan oleh masyarakat sebagai obyek pelaksanaan PIS PK ? Mahbub Putri menghimbau kepada warga masyarakat yang memiliki dokumen BPJS, KIS, KIA, Kartu KB, dll agar menunjukkannya kepada petugas yang datang ke rumah. Selain itu masyarakat diminta kerjasamanya agar saat jadwal kunjungan berlangsung rumah tidak kosong penghuni.

Kegiatan PIS PK ini mendapatkan dukungan langsung dari Ketua TP PKK Desa Sidorejo Listyowarni Cipto Rejekiningsih. “Saya mendukung kegiatan PIS PK, semoga berjalan dengan lancar.” Kata Listyowarni kepada seluruh peserta dalam pertemuan kader posyandu tersebut.

Dalam pertemuan ini disampaikan pula materi tentang PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh Titik Widayatmi. Dia mengatakan “Masyarakat dilarang membuang sampah di sungai karena sungai adalah sebagian dari sumber mata air untuk warga masyarakat.” Dia juga mengingatkan agar masyarakat melakukan kegiatan PJB atau Pemantauan Jentik Berkala agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

 

Facebook Comments
About artadiputra 145 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

1 Trackback / Pingback

  1. PIS-PK Yang Mendekatkan Layanan Puskesmas dengan Warga – Desa Sidorejo

Tinggalkan Balasan