Pertemuan Petugas Sub PPKBD Se-Desa Sidorejo Membahas Validasi Data PUS

Pertemua Petugas Sub PPKBD Desa Sidorejo. Foto : Shobari
Pertemua Petugas Sub PPKBD Desa Sidorejo. Foto : Shobari

sidorejo-wonogiri.desa.id Sebanyak 11 Petugas Sub Pembantu Pembina KB Desa ( Sub PPKBD) Desa Sidorejo mengadakan pertemuan rutin bulanan di Ruang Pertemuan Kantor Desa Sidorejo, Jum’at (4/10/2019). Petugas tersebut berasal dari 11 dusun se-Desa Sidorejo yang terjun langsung ke masyarakat.

Pada pertemuan kali ini dihadiri oleh Petugas Lapangan KB (PLKB) Kecamatan Tirtomoyo Musthofa. Beliau menyampaikan materi tentang validasi data PUS (Pasangan Usia Subur) dan kesertaan ber-KB tingkat dusun.

“Petugas diberikan data yang kami punya berdasarkan hasil Pendataan Keluarga Tahun 2015” Kata Musthofa kepada jurnalis sidorejo-wonogiri.desa.id. Data tersebut menurut Musthofa harus divalidasi oleh para Petugas Sub PPKBD Desa Sidorejo berdasarkan kondisi sebenarnya saat ini di lapangan.

“Ini untuk validasi yang pertama, nantinya akan dilaksanakan secara berkala setiap 3 bulan sekali.” Jelas Musthofa. Untuk validasi pertama ini diberi waktu sekitar satu minggu. “Setelah divalidasi nanti kembali ke kami untuk dilakukan input data secara komputerisasi.” Imbuhnya.

Pegutas PLKB Kecamatan Tirtomoyo Musthofa hadir dalam pertemuan rutin Sub PPKBD Desa Sidorejo. Foto : Artadi
Pegutas PLKB Kecamatan Tirtomoyo Musthofa hadir dalam pertemuan rutin Sub PPKBD Desa Sidorejo. Foto : Artadi

Informasi dari PPKBD Desa Sidorejo Tiyatmi menyebutkan bahwa rentang usia untuk Pasangan Usia Subur (PUS) adalah sejak menikah hingga usia 49 tahun. Jumlah PUS per September 2019 di Desa Sidorejo sebanyak 1.242 pasangan. Jumlah tersebut merupakan data dinamis yang bisa berubah setiap bulannya. Maka peran validasi data oleh para petugas Sub PPKBD harus selalu dilakukan.

Data yang divalidasi diantaranya nama-nama PUS di wilayah, kesertaan KB masing-masing PUS, jumlah anak, dan kesertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Dengan data yang valid dari tingkat bawah, diharapkan akan lebih tepat dalam menentukan sasaran penggarapan program, khususnya program Keluarga Berencana (KB).” Kata Musthofa

Facebook Comments
About artadiputra 169 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan