Petunjuk Penerbitan Kartu Tani

Bagi para petani yang sudah terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pada masing-masing Kelompok Tani artinya berhak mendapatkan Kartu Tani. Silahkan menanyakan hal tersebut kepada Ketua Kelompok Tani di tempat anda. Dan selanjutnya bisa diambil mulai Bulan Januari 2018. Segera ambil dan aktifkan dengan mengisi saldo minimal Rp.10 ribu agar rekening aktif. Mengisi saldo langsung ke BRI tanpa biaya tambahan. Namun jika anda mengisi lewat BRI-Link akan dikenakan tarif sesuai dengan tarif dari masing-masing penyedia jasa.

Berikut tata cara menerbitkan Kartu Tani Ke Bank BRI :

  1. Silahkan datang ke BRI Unit Tirtomoyo dengan membawa berkas berupa e-KTP dan KK sesuai dengan daftar nama pada RDKK;
  2. Menunjukkan berkas tersebut dan menyebutkan nama ibu kandung kepada petugas;
  3. Petugas melakukan pengecekan ke Server BRI;
  4. Petugas melakukan proses pembuatan buku tabungan;
  5. Petugas menyerahkan Kartu Tani dan Buku Tabungan BRI kepada pendaftar.

Selanjutnya Kartu Tani dan Buku Tabungan tersebut berfungsi selayaknya buku tabungan bank pada umumnya. Selain digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi dan bantuan dari pemerintah, pemegang buku tabungan tersebut dapat memanfaatkannya untuk menabung, melakukan transfer, pembayaran, dan berbagai aktivitas perbankan lainnya.

Isilah saldo anda secara rutin karena jika selama 3 (tiga) bulan tidak diisi akan terblokir, artinya kartu untuk sementara tidak dapat digunakan hingga kartu aktif kembali. Dan jika selama 1 (satu) tahun tidak diisi saldo, maka rekening akan dinon-aktifkan.

Facebook Comments
About artadiputra 127 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

1 Trackback / Pingback

  1. Kunjungan Kerja Camat Tirtomoyo di Desa Sidorejo – Desa Sidorejo

Tinggalkan Balasan