Plus Minus Posyandu Larasati Dusun Nglencung

B
Seorang Petugas Sedang Menimbang Balita di Posyandu Larasati, Selasa (10/04/2018). Photo : Panti Arif

sidorejo-wonogiri.desa.id Pepatah mengatakan bahwa setiap ada kekurangan pasti ada kelebihan. Begitu juga dengan Posyandu Larasati Dusun Nglencung Desa Sidorejo. Masih ada sedikit kekurangan tetapi sangat banyak kelebihan berupa manfaat bagi masyarakat wilayah dusun setempat.

Posyandu Larasati melaksanakan kegiatan rutinnya setiap bulan yaitu pada tanggal 10. Selain untuk balita, posyandu ini juga melayani para lansia.

B
Para Peserta Sedang Mengantri di Posyandu Larasati. Photo : Panti

Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (10/04/2018) bertempat di rumah Bapak Winarno selaku kepala dusun setempat. Dimana para balita dan lansia mendapatkan pelayanan dengan baik. Pelaksanaan posyandu balita hampir sama dengan posyandu lansia. Dimulai dari pendaftaran, penimbangan, pencatatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan. Khusus untuk lansia ada kegiatan tambahan yaitu senam lansia.

Pada kesempatan tersebut petugas menyampaikan pemenang lomba balita sehat tingkat Kecamatan Tirtomoyo yang dimenangkan oleh Rahadion putra dari Ibu Tri Handayani. http://sidorejo-wonogiri.desa.id/2018/04/07/rahadion-juara-1-lomba-balita-sehat-tingkat-kecamatan/

B
Para Peserta Penyuluhan Kesehatan di Posyandu Larasati. Photo : Panti

Selain itu juga disampaikan bahwa untuk mendapatkan bayi yang sehat, perlu persiapan sebelum merencanakan kehamilan. Seperti mental, fisik, dan gizi sebelum hamil dengan tujuan mencegah kehamilan resiko tinggi dan akhirnya bisa membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Dari sekian banyak manfaat tersebut, masih ada beberapa kekurangan yang dihadapi para kader Posyandu Larasati. Seperti yang disampaikan oleh Bu Panti Arif (Bidan Desa Sidorejo) melalui pesan singkat kepada kami bahwa pelaksanaan posyandu balita dan lansia masih dilaksanakan di satu waktu. Mestinya dilaksanakan di dua waktu berbeda, yaitu waktu khusus untuk balita dan waktu khusus untuk lansia.

Selain itu masih ada kendala yang lain yaitu karena jumlah lansia yang cukup banyak sehingga kegiatan senam lansia belum berjalan dengan maksimal.

Bu Panti berharap untuk kegiatan selanjutnya, posyandu balita dan lansia agar bisa dipisahkan. Sehingga pelaksanaan kegiatan bisa maksimal.

 

Kontributor : Panti Arif

Facebook Comments
About artadiputra 134 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan