PMI Kabupaten Wonogiri Melaksanakan Kegiatan Donor Darah di Desa Sidorejo

Para peserta donor nampak ceria saat diambil darahnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo, Kamis (11/10/2018). Photo : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sidorejo menyelenggarakan kegiatan Donor Darah. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo, Kamis (11/10/2018) mulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan Donor Darah ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan terhadap sesama. Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai PNS, swasta, guru, pelajar, dan masyarakat umum. Namun ada 2 peserta yang tidak lolos tes sehingga total 30 kantung darah yang bisa dikumpulkan oleh PMI. Mereka yang tidak lolos disebabkan faktor tekanan darah dan riwayat minum obat.

Perangkat desa dari beberapa desa di Kecamatan Tirtomoyo ikut serta menjadi pendonor. Photo : Artadi

Terdapat beberapa perangkat desa seperti dari Desa Girirejo dan Desa Wiroko yang ikut mendonorkan darah mereka. Sebenarnya ada beberapa peserta lagi yang datang, namun karena pelayanan sudah tutup sehingga terpaksa tidak bisa dilayani. Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 12 siang.

Susu coklat, sari kacang hijau, dan roti bagi para pendonor darah. Photo : Artadi

Setelah para peserta melakukan donor darah, mereka mendapatkan satu paket bingkisan yang berisi susu, sari kacang hijau, dan roti. Khusus untuk yang sudah donor darah minimal 3 kali dalam setahun mendapatkan kaos cantik dari PMI.

Petugas PMI Kabupaten Wonogiri Iwan mengatakan “Sampai saat ini stok darah untuk golongan darah O sudah penuh. Sehingga kegiatan donor darah selanjutnya kemungkinan akan menolak golongan darah tersebut. Selain dibagi menjadi golongan darah A, B, AB, dan O, masing-masing golongan tersebut masih terbagi menjadi 2 jenis Rhesus yaitu Rhesus Positif dan Negatif. Untuk Rhesus negatif misalnya untuk golongan darah O sangat jarang dimiliki oleh orang Asia. Yang banyak memiliki jenis tersebut adalah orang Eropa”.

 

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan