Posyandu Balita Ngudi Mulyo

B
Dari Kiri ke Kanan Bu Sri Alimah & Bu Umi Nurkholisoh Bersama Anaknya Saat Ditimbang di Posyandu, Senin (12/03/2018). Photo : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Posyandu Balita Ngudi Mulyo merupakan posyandu di wilayah Dusun Pundungan. Diketuai oleh Bu Azizah, Sekretaris Bu Sri Alimah, Bendahara Bu Nasriah, Anggota Bu Zeni dan Bu Mubasiroh.

B
Para Ibu Beserta Balitanya Sedang Berbincang-bincang di Posyandu Ngudi Mulyo, Senin (12/03/2018). Photo : Artadi

Pada saat wartawan SID datang Senin (12/03/2018), Posyandu sedang nampak sepi karena ada sebagian balita yang sedang sekolah sehingga belum datang. Sedangkan yang belum sekolah memilih datang lebih awal. Sayangnya wartawan tidak bertemu dengan mereka yang datang lebih awal.

Ibu Nasriah Petugas Posyandu Ngudi Mulyo Sedang Melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita. Photo : Artadi

Kegiatan Posyandu Ngudi Mulyo Dusun Pundungan dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 12 di Rumah Pak Triyatno dengan alamat Dusun Pundungan RT 01/ RW 01 Desa Sidorejo. Acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi :

  1. Penimbangan bulanan,
  2. Penyuluhan kesehatan balita,
  3. Pemberian makanan tambahan (PMT),
  4. Kunjungan bagi balita yang tidak hadir 3 kali berturut-turut.

Total tercatat ada 38 balita yang berdomisili di wilayah Dusun Pundungan. Baik penduduk setempat maupun pendatang. Namun pada kesempatan ini yang datang hanya 24 balita, atau 63,16 %. Bidan Desa Bu Panti kami hubungi lewat pesan singkat mengatakan “Cakupan kunjungan balita ke Posyandu untuk Dusun Pundungan memang kurang. Dikarenakan jangkauan tempat pelaksanaan Posyandu untuk masyarakat bagian atas terlalu jauh. Posyandu merupakan kegiatan milik desa, bidan ataupun tenaga kesehatan merupakan fasilitator. Adapun kegiatan di Posyandu ada 5 (lima) meja yaitu pendaftaran, penimbangan dan ukur tinggi badan, pencatatan, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan. Tugas bidan desa ada di meja kelima.”

Diharapkan kedepannya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengikuti kegiatan Posyandu dapat mengatasi masalah tersebut.

Facebook Comments
About artadiputra 145 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan