PPS Desa Sidorejo Gelar Rapat Pleno Penyempurnaan DPT Pemilu 2019

Proses Penyerahan Salinan Berita Acara Rapat Pleno Penyempurnaan DPTHP-1 di ruang rapat Kantor Desa Sidorejo, Jum'at (9/11/2018). Photo : Singgih

sidorejo-wonogiri.desa.id Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sidorejo menggelar rapat pleno terbuka tentang Rekapitulasi Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan DPTHP-1 Pemilu 2019 tingkat Desa Sidorejo, bertempat di ruang rapat kantor desa setempat, Jum’at (9/11/2018).

Rapat tersebut membahas sinkronisasi daftar pemilih hasil rekomendasi berupa tanggapan masyarakat, Kompilasi Data Anomali, Data Ganda, dan DP4 Non DPT terhadap DPTHP-1 bersama dengan PPL Desa Sidorejo Sugiyanto. Tanggapan masyarakat telah diadakan secara serentak oleh KPU pada tanggal 1-28 Oktober 2018 melalui kegiatan yang disebut sebagai Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Sebelumnya, dalam DPTHP-1 Pemilu 2019 terdapat 5.012 pemilih yang terdaftar. Jumlah rincinya, 2.514 pemilih laki-laki dan 2.498 pemilih perempuan.

Anggota PPS Divisi Mutarlih Ahmad Dwi Artadi Putra mengatakan, proses penyempurnaan DPTHP-1 tersebut dilakukan dengan mencermati data bersama PPL Desa Sidorejo sehingga dihasilkan rekap data yang disepakati bersama.

Artadi Putra menyampaikan bahwa terdapat 4 pemilih ubah data yang bersumber dari Data Anomali dan 1 pemilih yang bersumber dari tanggapan masyarakat. Sehingga total terdapat 5 pemilih ubah data yang semuanya laki-laki.

Terdapat pemilih yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dengan rincian 2 pemilih dari Data Ganda, 17 pemilih dari hasil tanggapan masyarakat atau pencermatan oleh PPS. Sehingga totalnya terdapat 19 pemilih TMS.

Sedangkan untuk pemilih baru berjumlah 23 pemilih yang semuanya bersumber dari Data DP4.

Penandatanganan Berita Acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penyempurnaan DPT Hasil Perbaikan (DPTHP-1) dipimpin oleh Ketua PPS Desa Sidorejo Marmo. Berita acara tersebut ditandatangani oleh seluruh anggota PPS dengan disaksikan oleh PPL Desa Sidorejo.

Artadi Putra menyampaikan hasil rekapitulasi berupa ditetapkannya penyempurnaan DPTHP-1 yang nantinya akan menjadi DPTHP-2. Jumlah pemilih di Desa Sidorejo saat ini menjadi 5.016 pemilih yang terdiri dari 2.512 pemilih laki-laki dan 2.504 pemilih perempuan.

Jumlah ini masih sangat mungkin berubah mengingat jadwal pemilu akan dilaksanakan 17 April 2019 atau sekitar lima bulan lagi.

Rapat pleno ini dihadiri oleh anggota PPS Desa Sidorejo, PPL Desa Sidorejo, Kepala Desa Sidorejo beserta perangkat desa. Hasil dari rapat pleno ini akan dibawa ke rapat pleno terbuka tingkat Kecamatan Tirtomoyo yang akan dilaksanakan Sabtu (10/11/2018).

Facebook Comments
About artadiputra 134 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan