Prioritas Usulan Warga Dusun Towo Menjadi Harapan untuk Tahun 2019

Warga Dusun Towo bersama Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPM, dan Karang Taruna melaksanakan Musdus, Senin (27/08/2018). Photo : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Warga Dusun Towo mengadakan Musyawarah Dusun (Musdus) di rumah Kepala Dusun Towo, Senin (27/08/2018). Acara ini dimulai pukul 19.00 WIB dan dihadiri oleh sekitar 5 orang perwakilan dari masing-masing RT, BPD, Kepala Desa, dan Perangkat Desa, total peserta yang hadir 20 orang.

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso dalam sambutannya menyampaikan bahwa usulan terdiri dari 5 bidang, jadi jangan hanya Bidang Pembangunan saja. Bidang-bidang tersebut meliputi Bidang Pembangunan, Bidang Pembinaan Masyarakat, Bidang Pemberdayaan, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, dan Bidang Tak Terduga. Diharapkan jangan hanya mengusulkan rabat jalan dan talud.

Beliau juga menambahkan bahwa agenda musdus kali ini adalah untuk menentukan skala prioritas dengan didasarkan pada jumlah pemanfaat, mendesak atau tidak untuk segera dilaksanakan, dan dampak jika tidak segera dilaksanakan.

Perwakilan masing-masing RT di Dusun Towo sedang melaksanakan Musdus di rumah Kadus Towo. Photo : Artadi

Harus kita ketahui bersama bahwa skala prioritas usulan harus ditentukan mengingat dana yang terbatas jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan dan luasnya wilayahnya. Desa Sidorejo memiliki wilayah terluas di Kecamatan Tirtomoyo.

Berdasarkan musyawarah dari masing-masing utusan wilayah RT di Dusun Towo, disepakati 7 usulan pembangunan fisik dan 4 usulan pembangunan non fisik yaitu :

  1. Rabat Jalan Jurusan Jawa Timur RT 02/RW 06
  2. Rabat Jalan RT 01/RW 06
  3. Sarana Air Bersih (SAB) 1 unit.
  4. Gorong-gorong 3 titik.
  5. Talud RT 01
  6. Klub Olahraga 2 paket
  7. Kesenian 2 kelompok.
  8. Gapura Perbatasan 2 unit.
  9. Cek Dam 2 unit.
  10. Bantuan Genset 2 unit.
  11. Insentif Guru TPQ 1 unit.

Hasil prioritas usulan ini nantinya akan dibawa ke Musrenbangdes untuk bahan penyusunan RKP Desa Sidorejo Tahun 2019.

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan