Sosialisasi SDGs Desa Sidorejo untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan

Para peserta sosialiasi SDGs Desa Sidorejo di Balai Desa Sidorejo, Senin (15/03/2021). Foto : Artadi
Para peserta sosialiasi SDGs Desa Sidorejo di Balai Desa Sidorejo, Senin (15/03/2021). Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri melaksanakan sosialisasi kegiatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) SDGs Desa Sidorejo Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa setempat dengan mengundang seluruh Ketua RT dan RW se-Desa Sidorejo, Senin (15/03/2021).

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso menjadi pembicara tunggal dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Beliau mengajak seluruh hadirin untuk menyukseskan kegiatan SDGs Desa Sidorejo Tahun 2021. “Melalui SDGs Desa ini kita akan melakukan pendataan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan SDGs Desa. Nantinya para relawan diharapkan mampu mengoperasikan smartphone android karena aplikasinya menggunakan android.” Kata Joko Nalongso.

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso menyampaikan sosialisasi SDGs Desa Sidorejo. Foto : Artadi
Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso menyampaikan sosialisasi SDGs Desa Sidorejo. Foto : Artadi

Joko Nalongso menjelaskan bahwa para relawan boleh siapapun asalkan berdomisili di wilayah RT setempat dan dapat dipercaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Pihak desa akan menganggarkan dana untuk kegiatan SDGs Desa melalui Perubahan APBDes Desa Sidorejo Tahun 2021. Hal tersebut menyesuaikan dengan prioritas penggunaan dana desa Tahun 2021 berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 yaitu fokus pada SDGs Desa. Pelaksanaan SDGs di Sidorejo merupakan bentuk sinergitas kebijakan antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten hingga pusat.

Pelaksanaan SDGs Desa merupakan kegiatan yang meliputi seluruh aspek pembangunan di desa. Kegiatan tersebut akan berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs.

SDGs sebagai gerakan bersama mengharuskan kolaborasi aktif dan partisipatif dari setiap elemen masyarakat dan pemerintah. Mari menjadikan SDGs sebagai gerakan bersama, sebagai sarana mencapai Indonesia yang sejahtera, adil, makmur, maju, dan berkelanjutan.

SDGs Desa meliputi 15 aspek yaitu desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan permukiman desa aman dan nyaman, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, desa tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

About artadiputra 216 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan