Swab Test oleh Dinkes di Desa Sidorejo Berkaitan Erat dengan Cluster Sempon

Para petugas medis sedang mengenakan APD lengkap sebelum melakukan Swab Test di Desa Sidorejo, Senin (20/07/2020). Foto : Artadi
Para petugas medis sedang mengenakan APD lengkap sebelum melakukan Swab Test di Desa Sidorejo, Senin (20/07/2020). Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri hari ini Senin (20/07/2020) menggelar Swab Test untuk 8 orang warga Desa Sidorejo. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melacak penyebaran virus corona khususnya di Kabupaten Wonogiri.

Menurut petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Giman bahwa 8 orang tersebut adalah orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang berinisial H (37 Tahun) yang berasal dari Cluster Pondok Sempon Desa Pandeyan Kecamatan Jatisrono. Swab Test tersebut akan dilakukan minimal 2 kali terhadap 8 orang tersebut. Selain itu juga akan dilakukan screening untuk mendeteksi potensi penularan.

Virus Covid-19 ini akan berbahaya jika menular kepada orang yang memiliki riwayat penyakit kronis ataupun para lansia. “Yang berbahaya adalah penularannya, karena virus tersebut apabila menular pada orang yang badannya bugar tidak akan menunjukkan gejala. Namun orang tersebut secara tidak sadar bisa menularkan virus tersebut kepada orang-orang di sekitarnya.” Kata Giman.

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso menegaskan informasi yang selama ini beredar bahwa warga Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo ada yang positif Corona. Faktanya warga tersebut memang masih tercatat sebagai warga kami, namun dia (pasien positif Corona tersebut) selama ini mengajar dan berdomisili di Komplek Ponpes Sempon Jatisrono.

Joko Nalongso menjelaskan bahwa pasien positif tersebut setiap beberapa minggu sekali pulang untuk mengunjungi orang tuanya di Desa Sidorejo. Terakhir kali dia berkunjung lebih dari 3 minggu yang lalu yaitu tanggal 22 Juni 2020. Namun karena ada pihak keluarga di Sidorejo yang datang berkunjung ke Sempon dan pulang tanggal 1 Juli 2020 maka pihak Dinas Kesehatan memutuskan untuk melakukan tes Swab kepada keluarga tersebut karena kontak erat dengan pasien positif Corona.

Joko Nalongso berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan namun wajib mematuhi protokol kesehatan agar kita aman dari bahaya penularan Virus Covid-19. Beliau juga meminta agar masyarakat tidak menerima dan membagikan informasi yang beredar di medsos yang sumber beritanya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Karena informasi yang tidak jelas seperti itu berpotensi meresahkan warga masyarakat.

Hasil dari Test Swab hari ini baru akan diketahui sekitar 5 hari kedepan. Selama hasilnya belum keluar dan tanpa izin dan pengawasan dari petugas maka 8 orang tersebut harus melakukan karantina mandiri dengan pengawasan oleh masyarakat, pemerintah desa, dan petugas keamanan setempat.

Camat Tirtomoyo Dwi Martanto mengaku siap mendukung segala upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Tirtomoyo khususnya di wilayah Desa Sidorejo. Menurutnya ada juga satu warga Desa Girirejo yang telah selesai isolasi mandiri di rumah keluarganya yang berada di wilayah Desa Sidorejo. Orang tersebut ikut dilakukan tes Swab hari ini di Desa Sidorejo.

About artadiputra 207 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan