TP PKK Desa Sidorejo Terus Berkarya

Para peserta Pertemuan Rutin TP PKK Desa Sidorejo di Balai Desa Sidorejo, Sabtu (24-02-2018). Photo : Artadi

sidorejo-tirtomoyo.sideka.id Wakil Ketua TP PKK Desa Sidorejo, Ibu Yatini memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Rutin TP PKK Desa Sidorejo bertempat di Balai Desa Sidorejo, Sabtu (24/02/2018). Acara tersebut dihadiri oleh TP PKK Desa Sidorejo dan 55 orang Kader Kelompok PKK Dusun yang terdiri dari masing-masing 5 orang dari total 11 dusun. Dalam sambutannya tersebut beliau menyampaikan bahwa warga Desa Sidorejo wajib memiliki KK & KTP. Dokumen kependudukan tersebut sangat penting untuk mempermudah pemberian pelayanan dan fasilitas dari pemerintah kepada masyarakat. Sehingga yang belum memilikinya agar segera membuat.

Beliau juga menghimbau agar para peserta mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama dengan seluruh TP PKK Desa maupun Kelompok PKK Dusun untuk menanam Buah Naga di lingkungan sekitar. Hal semacam ini bisa dilakukan dalam rangka memanfaatkan lahan di lingkungan sekitar. Secara ekonomi bermanfaat untuk menghemat anggaran karena tidak perlu membeli buah tersebut. Mengingat banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi buah tersebut.

Hal berikutnya yang disampaikan beliau adalah wajib melakukan upaya kebersihan lingkungan melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yaitu dengan metode menguras, menutup, dan mengubur (3M). Kegiatan semacam itu perlu dilakukan secara rutin karena merupakan cara efektif untuk mencegah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sebelumnya dihubungi secara terpisah, Ibu Panti Arif Julaikah (Bidan Desa Sidorejo) mengatakan bahwa Desa Sidorejo selama beberapa tahun terakhir alhamdulillah tidak ada kasus DBD. Dulu pernah ada, tetapi itu sudah sakit di perantauan terus pulang dirawat di rumah sakit ternyata terkena Demam Berdarah.

Ibu Titik (Sekretaris TP PKK Desa Sidorejo) memberikan materi kepada para peserta Pertemuan Rutin TP PKK Desa Sidorejo

Ibu Titik selaku Sekretaris TP PKK Desa Sidorejo memberikan materi kepada para peserta tentang Laporan Balita Kurang Gizi. Laporan tersebut harus didata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya karena akan ditindaklanjuti sampai ke Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Laporan dari para kader akan dicek ke lapangan bersama dengan Bidan Desa Sidorejo. Sehingga nantinya balita yang benar-benar kurang gizi akan mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Disampaikan juga tentang program Penimbangan Lansia yang dilakukan oleh para Kader Kelompok PKK di masing-masing dusun. Apabila ada perubahan jadwal agar melaporkan kepada TP PKK Desa karena akan kedatangan dari Tim Puskesmas. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Pertemuan Penimbangan Lansia Dusun Pucungan dilaksanakan setiap tanggal 18 & 21 setiap bulan. Di Dusun Towo dilaksanakan setiap tanggal 20 dan Dusun Sobo setiap tanggal 12.

Pada setiap pertemuan rutin seperti ini juga digunakan untuk penarikan angsuran pinjaman melalui kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Pinjaman ini dikenakan bunga pinjaman sebesar 2% dengan jangka waktu angsuran bervariasi yaitu pinjaman kurang dari 500 ribu rupiah berjangka 12 bulan, sedangkan pinjaman lebih dari 500 ribu rupiah berjangka 20 bulan. Hasil dari kegiatan UP2K ini digunakan sebagai penyertaan modal BUMDES.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 24 ini sangat bermanfaat untuk sarana silaturahim serta evaluasi bersama tentang berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan. Untuk merangsang kehadiran para peserta diadakan pengundian hadiah yang akan dimenangkan oleh 5 (lima) orang kader terpilih dari daftar hadir peserta. Kesempatan memenangkan hadiah ini terus ada bagi semua peserta yang hadir di setiap pertemuan rutin TP PKK Desa Sidorejo.

 

Facebook Comments
About artadiputra 156 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan