Upaya Mengenalkan Cara Hidup Sehat untuk Kesehatan Kita Semua

B
Bidan Panti Arif memperkenalkan "5 Cara Hidup Sehat" kepada Kader Posyandu Desa Sidorejo di Balai Desa setempat, Senin (4/2/2019). Foto : Panti

sidorejo-wonogiri.desa.id Kader Posyandu Desa Sidorejo melaksanakan pertemuan rutin di Balai Desa Sidorejo, Senin (4/2/2019). Dalam pertemuan tersebut mereka dikenalkan tentang “5 Cara Hidup Sehat” oleh Bidan Desa Panti Arif. Melalui para Kader Posyandu itulah diharapkan cara hidup sehat tersebut dapat ditularkan kepada seluruh masyarakat.

Cara hidup sehat sangat diperlukan meskipun bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai sesuatu yang cukup merepotkan. Pentingnya cara hidup sehat bisa menjadi alasan mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan, seperti membantu anda menjaga berat badan, meningkatkan energi hingga mencegah terjadinya penyakit.

Berikut ini 5 cara hidup sehat dikutip dari http://bbsnews.co.id yang bisa anda coba, diantaranya :

1. Makan secara sehat dan seimbang

Makanan yang sehat adalah makanan yang cara memasak atau menyajikannya sebisa mungkin tidak merusak zat gizi dan serat sehingga masih memberi manfaat bagi yang mengonsumsinya. Sedangkan makanan seimbang dilansir dari laman Kemenkes RI adalah makanan yang mengandung makanan pokok 3-4 porsi dalam sehari, buah 2-3 porsi dalam sehari, sayuran 3-4 porsi dalam sehari, protein 2-4 porsi dalam sehari, sedikit porsi garam, gula, minyak, dan 8 gelas air putih per hari.

2. Makan dan minum sealami mungkin

Begitu banyak makanan dan minuman yang kini diproduksi oleh industri, di mana produksi dilakukan secara masal, proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet. Mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami.

Cara hidup sehat lain yang bisa Anda lakukan adalah berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, artritis, atau penyakit jantung.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga dengan cara yang benar dan waktu yang tepat dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, menguatkan otot dan tulang.

4. Hindari stres

Beban hidup yang yang berat, terkadang mendatangkan stres. Gejala fisik yang ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur.

Mengelola stres dapat dilakukan dengan mengambil waktu untuk rileks, melakukan hobi agar budaya hidup sehat dapat tercipta.

Tips hidup sehat lainnya yang sering dilewatkan adalah mengucap rasa syukur. Mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri dapat membuat jiwa lebih tenang.

5. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan Music dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Facebook Comments
About artadiputra 169 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan