Animo Masyarakat Mengikuti Vaksinasi Pertama di Desa Sidorejo bagi Para Lansia

Setiap calon peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan dan screening riwayat medis. Foto : Artadi
Setiap calon peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan dan screening riwayat medis. Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Animo masyarakat lanjut usia (lansia) di Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Balai Desa setempat cukup tinggi, Selasa (8/6/2021). Tiga jam setelah pelayanan dibuka, lebih dari 60 orang lansia mengikuti vaksinasi tersebut.

Hari ini merupakan vaksinasi pertama yang diadakan di Desa Sidorejo. Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri memberikan kuota 100 orang warga lansia untuk divaksin pada tahap ini. Diutamakan para lansia karena merupakan orang dengan resiko tinggi jika terpapar Covid-19.

Para calon peserta Vaksinasi Covid-19 sedang mengantre secara tertib. Foto : Artadi
Para calon peserta Vaksinasi Covid-19 sedang mengantre secara tertib. Foto : Artadi

“Alhamdulillah dari 100 orang yang diundang, ada 69 orang yang hadir, yang dapat disuntik sebanyak 63 orang. Sedangkan 6 orang tertunda karena beberapa alasan, antara lain karena tekanan darah tinggi.“ Kata Petugas dari Puskesmas Tirtomoyo 1 Bidan Putri.

Pemeriksaan kesehatan menjelang dinyatakan siap untuk divaksin. Foto : Artadi
Pemeriksaan kesehatan menjelang dinyatakan siap untuk divaksin. Foto : Artadi

Kegiatan vaksinasi ini bersamaan dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) Bulan Juni 2021. Sehingga masyarakat sebelum mengambil BLTDD bisa mengikuti vaksinasi terlebih dahulu.

Bidan Putri mengatakan “Sebenarnya banyak lansia yang ingin divaksin tapi masih takut. Sehingga membutuhkan peran berbagai pihak seperti Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, dan dukungan dari keluarga untuk meyakinkan.”

“Secara umum Desa Sidorejo dalam pelaksanaan vaksinasi ini berjalan cukup lancar daripada kegiatan vaksinasi yang sebelumnya (di tempat lain) yang mengalami kendala rendahnya antusias warga.”Kata Bidan Putri.

Menurut Bidan Putri bahwa tingkat kehadiran di Desa Sidorejo terbilang luar biasa. Dukungan dari Pemerintah Desa juga sangat bagus seperti adanya pemberian konsumsi bagi para warga yang telah mengikuti vaksinasi.

Para peserta mengantre untuk mengambil kartu tanda bukti telah divaksin. Foto : Artadi
Para peserta mengantre untuk mengambil kartu tanda bukti telah divaksin. Foto : Artadi

Jenis Vaksin yang disuntikkan adalah CoronaVac atau disebut juga dengan nama Sinovac. Vaksin ini digunakan oleh pemerintah untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19 dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso mengatakan bahwa Pemerintah Desa Sidorejo sangat mendukung program Vaksinasi Covid-19 oleh Pemerintah Pusat demi mencegah penyebaran Virus Covid-19. Pemerintah desa mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial dan bantuan tokoh masyarakat.

Joko Nalongso berharap agar dengan kegiatan vaksinasi ini dapat meminimalisir terjadinya kasus-kasus Covid-19. Kami menyediakan fasilitas yang diambilkan dari anggaran Dana Desa pada kegiatan ini antara lain untuk pemberian makanan tambahan bagi para warga yang divaksin.

About artadiputra 221 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan