Hari Ini Dilakukan Validasi CKPM PKH 2021, Sebanyak 35 KK Diundang Ke Kantor Desa

Validasi CKPM PKH 2021 dilakukan oleh Pendamping PKH di Ruang Rapat Kantor Desa Sidorejo, Senin (18/01/2021). Foto : Artadi
Validasi CKPM PKH 2021 dilakukan oleh Pendamping PKH di Ruang Rapat Kantor Desa Sidorejo, Senin (18/01/2021). Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Pendamping PKH Desa Sidorejo Bimo Edy Kuncoro telah melaksanakan Validasi Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM) PKH 2021 di Ruang Rapat Kantor Desa Sidorejo, Senin (18/01/2021). Berdasarkan data dari Kemensos terdapat sebanyak 35 KK untuk dilakukan validasi, sedangkan penentuan hasilnya menurut Bimo masih menunggu keputusan dari Kemensos.

“Yang jelas nanti akan ditetapkan hasil validasi berupa data CKPM Eligible dan Non Eligible oleh Kemensos yakni berupa by name CKPM yang dinyatakan eligible.” Jelas Bimo kepada Jurnalis Sidorejo Wonogiri. Penentuan CKPM Eligible sendiri atas dasar 3 syarat yaitu minimal harus ada salah satu dari 3 komponen meliputi kesehatan (balita dan ibu hamil), pendidikan (anak usia SD-SMA), dan Kesos (lansia dan disabilitas berat).

Data 35 CKPM PKH tersebut berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos per Oktober 2020. Rincian datanya sebanyak 18 KK adalah penerima sembako dan sisanya 17 KK merupakan non penerima sembako.

Balita dan Ibu Hamil masing-masing akan menerima 3 juta rupiah per tahun, siswa SD menerima 900 ribu rupiah per tahun, siswa SMP menerima 1,5 juta rupiah per tahun, siswa SMA menerima 2 juta rupiah per tahun, Lansia dan Disabilitas menerima 2,4 juta rupiah per tahun.”CKPM yang dinyatakan eligible akan mulai menerima dana melalui transfer rekening mulai Januari 2021. Dana akan direalisasikan dalam 4 tahap atau setiap 3 bulan sekali.”Jelas Bimo.

About artadiputra 214 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan