Validasi Balita Stunting di Desa Sidorejo

Validasi Balita Stunting di Desa Sidorejo. Foto : Artadi
Validasi Balita Stunting di Desa Sidorejo. Foto : Artadi

sidorejo-wonogiri.desa.id Puskesmas Tirtomoyo 1 menggelar Kegiatan Validasi Stunting di Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, Kamis (14/04/2022). Kegiatan yang bertempat di balai desa ini dipimpin langsung oleh dua orang petugas puskesmas yaitu Budi Santoso dan Bidan Panti Arif serta dibantu oleh beberapa orang kader Posyandu.

Kegiatan validasi dilakukan dengan pengukuran ulang berat badan dan tinggi badan menggunakan alat ukur dan metode yang terstandar. Sasarannya adalah balita yang sebelumnya telah terindikasi gejala stunting yakni sebanyak 51 anak.

Budi Santoso menjelaskan bahwa stunting adalah balita yang kekurangan gizi dalam jangka waktu lama sejak ibu hamil hingga anak berusia 2 tahun. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Ditandai dengan tinggi badan yang tidak optimal atau pendek.

Petugas Sedang Mengukur Tinggi Badan Anak. Foto : Artadi
Petugas Sedang Mengukur Tinggi Badan Anak. Foto : Artadi

Untuk mencegah terjadinya stunting maka ibu hamil harus rutin memeriksakan kesehatannya serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sejak bayi lahir ibu harus melakukan inisiasi menyusui dini untuk mendukung ASI eksklusif selama 6 bulan. Dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI hingga usia 2 tahun menggunakan menu gizi yang seimbang.

Kepala Desa Sidorejo Joko Nalongso memantau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut. Beliau mengatakan bahwa pemerintah desa akan mengoptimalkan anggaran untuk penanganan stunting. Selain itu juga akan mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat agar dapat mencegah terjadinya stunting.

About artadiputra 232 Articles
Saya adalah seorang yang selalu ingin memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi banyak orang. Banyak pengetahuan yang saya peroleh secara otodidak. Namun tidak memungkiri bahwa pengetahuan yang saya peroleh secara formal sangat menunjang kemampuan saya saat ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan