Hal-hal yang Harus Dilakukan Siswa PAUD agar Tetap Sehat

  • Mar 08, 2019
  • artadiputra

sidorejo-wonogiri.desa.id Empat tahun pertama seorang anak merupakan hal yang sangat penting karena terjadi pembentukan jaringan dan perkembangan yang sangat cepat. Salah satu diantaranya adalah dalam proses pembentukan otak dan berdampak terhadap tingkat kecerdasan. Sehingga bisa dikatakan anak usia dini adalah investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan oleh kualitas anak usia dini saat ini. Ini berarti dibutuhkan anak usia dini yang sehat dimana mengalami pertumbuhan fisik yang normal dan wajar sesuai dengan standart pertumbuhan fisik anak pada umumnya dan memiliki kemampuan sesuai standar kemampuan anak seusiannya. Dalam pertemuan kelas ibu balita di PAUD Harapan Bangsa Dusun Pakelan, Jum'at (8/3/2019) Bidan Mahbub Putri menyampaikan materi mengenai tips yang bisa dilakukan oleh siswa PAUD agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut :

  1. Membiasakan anak dan orang tua makan pagi bersama dengan menu seimbang dan memperbanyak makan dengan sayur dan buah.
  2. Rajin menggosok gigi secara teratur.
  3. Istirahat secara teratur. Tidur siang selama 1 jam dan tidur malam tidak boleh lebih dari jam 9 malam.
  4. Membiasakan diri mencuci tangan dengan air dan sabun pada saat mau makan, setelah BAB dan BAK, setelah bersentuhan dengan benda-benda kotor.
  5. Segera membawa balitanya ke Puskesmas/tenaga kesehatan ketika sakit.
Dalam upaya menjaga kesehatan siswa PAUD ini perlu adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua. Hal itu diperlukan karena membentuk perilaku anak usia dini tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Perilaku sehat harus terus dilakukan secara sistematik dan berkesinambungan supaya tercipta generasi penerus bangsa yang berkualitas. Tumbuh berkembangnya anak usia dini yang optimal tergantung dari perilaku sehat yang dilakukan.