Melihat Prestasi PKK Desa Sidorejo sebagai Wakil Kecamatan Tirtomoyo di Tingkat Kabupaten Wonogiri

  • Dec 02, 2018
  • artadiputra

sidorejo-wonogiri.desa.id Kabar bahagia dan membanggakan datang dari UP2K ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ) yang merupakan usaha bidang perekonomian dari PKK Desa Sidorejo. PKK Kecamatan Tirtomoyo mengirimkan UP2K dari PKK Desa Sidorejo untuk mengikuti Lomba Tertib Administrasi di Tingkat Kabupaten Wonogiri. Lomba telah dilaksanakan di Balai Desa Tanjungsari (21/9).

Lomba ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Tahun 2018. Salah satunya adalah lomba Tertib Administrasi UP2K PKK Desa. Hasil yang cukup memuaskan diperoleh yaitu sebagai Juara Harapan 1. Hadiah telah diberikan di Gedung Girimanik Setda Kabupaten Wonogiri.

Raihan prestasi ini tidak lepas dari kinerja PKK Desa Sidorejo khususnya dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga yang dinilai sangat baik. Dana yang dimiliki oleh UP2K Desa Sidorejo sebesar Rp.85.135.600,- yang terdiri dari Kas sebesar Rp.118.800,- dan piutang sebesar Rp.85.016.800,-. Pada akhir Tahun 2017 menghasilkan SHU sebesar Rp.24.327.000,-. Semua SHU dijadikan sebagai tambahan modal untuk Tahun 2018 ditambah dengan dana simpanan wajib, simpanan lain-lain, dan modal dari dana hibah pemerintah.

Listyowarni Ketua TP PKK Desa Sidorejo menyampaikan bahwa UP2K Desa Sidorejo masih terkendala pendampingan dan pelatihan kelompok binaan yang belum maksimal. Selain itu juga terkendala peralatan dan tenaga ahli.

TP PKK Desa Sidorejo melihat adanya banyak peluang untuk pengolahan hasil bumi dan produk pertanian/perkebunan. Peluang tersebut perlu dioptimalkan sehingga bisa menjadi potensi pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus motivasi bagi seluruh kader PKK dan warga masyarakat Desa Sidorejo untuk terus bersinergi bersama-sama meningkatkan kesejahteraan.