Menghadapi 5 Jenis Pemilu, Petugas KPPS menerima materi Bimtek

  • Apr 08, 2019
  • artadiputra

sidorejo-wonogiri.desa.id Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tirtomoyo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) KPPS Pemilu 2019. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Hargantoro, Senin (8/4/2019). Hari ini adalah jadwal Bimtek untuk KPPS dari Desa Sidorejo dan Desa Genengharjo. Peserta yang diundang setiap TPS adalah 3 orang KPPS. Untuk Desa Sidorejo sebanyak 69 KPPS dari 23 TPS, sedangkan Desa Genengharjo sebanyak 33 orang dari 11 TPS. Selain itu PPS setiap desa sebanyak 2 orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimcam. [caption id="attachment_2204" align="aligncenter" width="1040"]B Camat Tirtomoyo Kuswarno sedang memberikan sambutannya pada acara Bimtek KPPS di Balai Desa Hargantoro, Senin (8/4/2019). Foto : Artadi[/caption]

Camat Tirtomoyo Kuswarno dalam sambutannya mengajak seluruh penyelenggara Pemilu terutama PPS dan KPPS agar bertugas secara netral karena diawasi oleh banyak pengawas. Pengawas tersebut bisa berasal dari Panwas, PPL, maupun dari unsur partai politik dan tim sukses pasangan calon.

Kuswarno juga mengingatkan bahwa saat ini banyak permasalahan kecil yang bisa berpotensi dibesar-besarkan. Mari kita jaga bersama-sama agar situasi tetap kondusif. Senada dengan Camat Tirtomoyo, Kapolsek Tirtomoyo AKP Sarno juga mengajak agar seluruh penyelenggara pemilu agar bekerja secara independen. Nanti akan ada anggota TNI & Polri yang ikut serta mengamankan jalannya pesta demokrasi di wilayah Tirtomoyo. Perlu diketahui bahwa anggota TNI & Polri tidak memiliki hak pilih dalam pemilu. [caption id="attachment_2201" align="aligncenter" width="4000"]B Para peserta sedang mengerjakan soal simulasi yang diberikan oleh panitia. Foto : Artadi[/caption] Materi Bimtek disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Tirtomoyo Sugeng. Beliau menyampaikan materi tentang teknis teknis pelaksanaan pemilu sampai nanti proses pemungutan dan penghitungan suara. Di akhir acara seluruh KPPS mengerjakan soal tes simulasi yang diberikan oleh panitia.