PIS PK dari Puskesmas untuk Kesehatan Semua Anggota Keluarga

  • Nov 19, 2018
  • artadiputra

sidorejo-wonogiri.desa.id Desa Sidorejo merupakan salah satu desa yang melaksanakan kegiatan PIS PK. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim ahli dari tenaga kesehatan Puskesmas Tirtomoyo 1 dengan didampingi oleh Kader Posyandu se-Desa Sidorejo. Kegiatan PIS PK di Desa Sidorejo sudah dimulai sejak 8 September 2018. Kegiatan dilakukan dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk mendapatkan data profil kesehatan keluarga. Semua anggota keluarga diperiksa kesehatannya. Sampai saat ini sudah dilaksanakan di 8 dusun, sisanya masih 3 dusun yang diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2018. [caption id="attachment_1524" align="aligncenter" width="576"] Stiker dipasang di dinding halaman rumah warga setelah melaksanakan PIS-PK. Photo : Doc. PIS-PK Sidorejo[/caption] Terdiri dari 12 jenis data kesehatan yaitu data ketersediaan air bersih, jamban, gangguan jiwa, kepesertaan JKN, perokok, TB Paru, hipertensi, KB, persalinan, ASI eksklusif, imunisasi, dan pemantauan pertumbuhan balita. Selain itu petugas juga melakukan pendataan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terdiri dari 16 indikator.

Petugas datang ke rumah masyarakat tidak hanya melakukan pendataan saja tetapi juga langsung melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat. Diharapkan masyarakat ikut bersama-sama menyukseskan kegiatan PIS PK ini agar permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan dapat diketahui dan dapat diatasi sejak dini.
Untuk penyakit ringan akan ditangani secara langsung oleh petugas dari puskesmas. Sedangkan untuk penyakit berat akan diberikan saran atau rujukan agar mendapatkan pengobatan yang tepat.