Sosialisasi BSPS Tahun 2023 untuk Meningkatkan Kualitas Permukiman di Desa Sidorejo, Kabupaten Wonogiri

  • Apr 08, 2023
  • Webadmin Desa Sidorejo, Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri

Kamis, 6 April 2023, Desa Sidorejo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah - Dalam rangka meningkatkan kualitas permukiman di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) mengadakan kegiatan sosialisasi pada hari tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang syarat dan ketentuan menerima bantuan BSPS, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki rumah yang layak huni.

Acara diadakan di Balai Desa Sidorejo dan dihadiri oleh perwakilan keluarga calon penerima dan tukang bangunan. Narasumber yang hadir yaitu Edy Endro Purwono selaku Asisten Koordinator Kabupaten (Askorkab) BSPS Kabupaten Wonogiri didampingi oleh 2 orang Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) BSPS untuk wilayah Desa Sidorejo yaitu Ramanda Sandi dan Alvian Dwi Mardani.

Dalam kesempatan ini, narasumber memberikan penjelasan tentang syarat untuk menerima bantuan BSPS. Keluarga yang berpenghasilan rendah dibawah UMK atau UMR dan memiliki rumah yang tidak layak huni, yaitu belum memiliki struktur antara lain pondasi, sloof, kolom, ring, dan rangka atap, minimal 3 jenis dari komponen struktur tersebut rusak. Bisa juga kombinasi minimal 2 komponen struktur rusak plus tiga komponen non struktur yang rusak atau tidak layak. Selain itu, rumah yang memenuhi standar layak huni juga harus memilik komponen non struktur, seperti lantai yang sudah diperkeras, dinding dan penutup atap. Elemen sanitasi, seperti memiliki WC leher angsa dan septic tank, serta akses air minum atau air bersih juga harus tersedia. Minimal luas bangunan harus mencapai per anggota keluarga minimal 7,2 meter persegi. BSPS ini bukan untuk membangun baru tetapi ditujukan untuk meningkatkan kualitas permukiman.

Pada kesempatan ini, Kepala Desa Sidorejo, Joko Nalongso menegaskan bahwa program BSPS merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Wonogiri. "Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat di Desa Sidorejo bisa memiliki rumah yang layak huni dan kondisi permukiman yang lebih baik," ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi BSPS Tahun 2023 di Desa Sidorejo, kuota sebanyak 45 penerima bantuan telah ditetapkan dengan nilai masing-masing 20 juta rupiah. Program BSPS ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan memperbaiki kualitas permukiman di Desa Sidorejo.