Warga Dusun Pundungan RT 01 Kerja Bakti Memperbaiki Jalan

  • Nov 26, 2018
  • artadiputra

sidorejo-wonogiri.desa.id Mulai memasuki musim hujan ini masyarakat Dusun Pundungan RT 01 dihadapkan pada kondisi jalan yang rusak. Jalan yang menghubungkan wilayah pemukiman Nglulur dengan wilayah Sapen ini terancam longsor. Kondisi kerusakan tersebut terjadi ketika hujan deras terjadi di awal musim hujan.

Hujan  deras yang langsung mengguyur wilayah tersebut menyebabkan struktur tanah labil tidak sanggup menerima debit air yang besar. Tanah labil terjadi ketika struktur tanah mengering dan berongga karena kondisi kekeringan selama musim kemarau yang panjang. Kondisi tanah seperti itu menjadi rentan terjadi longsor.

[caption id="attachment_1734" align="aligncenter" width="576"]B Kerja Bakti Membangun Talud Jalan. Doc. Warga[/caption]

Untuk mengatasi potensi longsor tersebut masyarakat setempat melakukan kerja bakti dengan membuat talud jalan. Puluhan warga dengan dipimpin Ketua RT Fahrurrozi secara kompak bekerjasama untuk mengatasi kerusakan ini. Kegiatan ini dimulai sejak Jum'at (23/11) dan hingga Senin (26/11) terpantau masih melaksanakan kerja bakti.

Pembangunan talud jalan menjadi solusi untuk mencegah longsor pada badan jalan yang menghubungkan wilayah Nglulur dengan Sapen. Jalan yang merupakan jalan desa ini menjadi penghubung antar dusun. Masyarakat yang akan menuju ke Dusun Sidowayah, Dusun Nglencung, dan daerah lain di wilayah utara Desa Sidorejo biasa melewati jalan ini.